Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK)



PTK adalah jenis penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar. PTK dilakukan dalam rangka mencermati tindakan yang dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar. Biasanya, PTK dilaksanakan ketika dirasa terjadi permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga diperlukan tindakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Teknik Pengumpulan Data


Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas dapat meliputi observasi dan tes. Observasi dilaksanakan untuk mengamati pelaksanaan serta perkembangan dari kegiatan yang menjadi objek penelitian. Pengamatan dilakukan sebelum, selama dan juga setelah siklus berlangsung.

Sedangkan yang dimaksud dengan tes adalah kegiatan yang berguna untuk mengetahui perkembangan serta keberhasilan dari pelaksanaan tindakan yang dilakukan secara kuantitatif. Tes yang dilakukan untuk siswa dapat dilakukan dengan cara tes tertulis berupa pre-test dan post-test.

Siklus Penelitian


Dalam pelaksanaannya, PTK dilaksanakan dilakukan dalam rancangan strategi siklus. Dalam satu penelitian, dapat dilakukan tiga hingga lima siklus bergantung pada kebutuhan dan tema penelitian yang dilakukan. Dalam masing- masing siklus penelitian tersebut, umumnya terdiri dari:

  1. Plan (perencanaan tindakan)
  2. Act (pelaksanaan tindakan)
  3. Observe (observasi dan interpretasi)
  4. Reflect (analisis dan refleksi) 

Baca juga: Beberapa Model Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas

Prosedur Penelitian


Untuk mencapai hasil penelitian sesuai dengan yang diharapkan, maka prosedur dalam penelitian tindakan kelas dibuat melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut meliputi: 

1. Tahap pengenalan masalah
Kegiatan dalam tahapan ini, peneliti melakukan:

  • Mengidentifikasi permasalahan
  • Menganalisa permasalahan secara mendalam dengan berpedoman pada teori- teori yang relevan

2. Tahap persiapan tindakan
Kegiatan dalam tahapan ini, peneliti melakukan:

  • Penyusunan jadwal penelitian
  • Penyusunan rencana pembelajaran
  • Penyusunan soal

3. Tahap implementasi tindakan
Kegiatan dalam tahapan ini, peneliti melakukan implementasi pelaksanaan dalam strategi siklus yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklusnya terdiri dari 4 tahapan plan, act, observe, dan reflect. Setiap siklus diulangi melalui konsep yang sama untuk memperkuat tindakan penelitian sehingga tingkat keberhasilan pelaksanaan tujuan penelitian pun menjadi lebih besar.

4. Tahap pengamatan
Kegiatan dalam tahapan ini, peneliti melakukan pengamatan terhadap siswa yang sedang menjalankan kegiatan belajar mengajar di bawah bimbingan guru. Pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh melalui observasi dan tes.

5. Tahap penyusunan laporan
Pada tahapan ini, peneliti melakukan penyusunan laporan penelitian yang didasarkan pada semua kegiatan yang telah dijalankan dalam penelitian.


Diberdayakan oleh Blogger.