Mengenal IMF (International Monetary Fund)




IMF (International Monetary Fund - Dana Moneter Internasional) merupakan suatu organisasi tingkat internasional yang dibentuk dengan tujuan utama untuk mengatur sistem finansial global. IMF juga bertanggungjawab untuk menyediakan dana pinjaman kepada negara-negara anggotanya demi menjaga keseimbangan neraca keuangan serta menghindari masalah-masalah keuangan.

Dalam melaksanakan tugasnya, IMF seringkali membantu negara-negara yang mengalami kesulitan ekonomi, terutama yang serius. Negara-negara yang telah dibantu ini kemudian diharuskan untuk menjalankan strategi kebijakan IMFsebagai imbalannya. Contoh kebijakan yang umumnya diminta IMF untuk dijalankan oleh negara yang dibantunya adalah dengan melakukan privatisasi badan usaha.

Dalam menjalankan fungsinya, IMF seringkali bekerja sama dengan World Bank atau Bank Dunia dan Bank for International Settlements atau Bank untuk Penyelesaian Internasional. Jadi, ketika suatu negara mengingingkan pinjaman dari IMF, maka negara tersebut pun harus mau menyetujui syarat-syarat dari ketiga institusi internasional ini.


IMF


Baca juga: Konsep Konsep Pendapatan Nasional

Profil IMF

Tanggal dibentuk
: 27 Desember 1945
Jumlah anggota
: 188 negara
Fungsi
: Membantu perkembangan kerjasama moneter global
Mengamankan stabilitas finansial global
Memfasilitas perdagangan internasional
Mempromosikan padat karya
Mempromosikan perkembangan ekonomi berkesinambungan
Mengurangi kemiskinan di seluruh dunia
Markas besar
: Washington, DC. 20431

(700 19th street NW dan 1900 Pensylvania Ave NW
CEO
: Christine Lagarde (Perancis) mulai 5 Juli 2011 - …


Diberdayakan oleh Blogger.