Memahami Struktur Teks Iklan, Ciri-Ciri dan Contohnya




Membuat Teks Iklan yang Menarik Lengkap dengan Contohnya


Kata ‘iklan’ tentu sudah sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Hampir setiap saat, mata kita selalu dihadapkan dengan teks iklan, baik di aplikasi ponsel pintar, media elektronik lain seperti televisi, radio, di media cetak seperti majalah atau koran, dan lain-lain. Iklan ini pun dapat berada di media luar ruang seperti baliho atau banner.

Kemunculan berbagai media membuat variasi iklan pun semakin bertambah. Selain itu, persaingan di bidang iklan juga ikut semakin tajam. Media visual seperti televisi mendorong adanya persaingan dalam iklan ini. Meski demikian, media cetak tetap memiliki pangsa pasar tersendiri serta tetap dijadikan target produsen untuk mengiklankan produknya.

Pengertian teks iklan
Pengertian teks iklan adalah tulisan sebagai media promosi yang efektif guna memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu barang yang akan dijual dengan daya jangkau konsumen secara luas dan masih.

Secara sederhana, pengertian teks iklan ini merupakan suatu pesan yang isinya berupa penawaran suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. Namun, dalam keseharian, iklan lebih identik dengan iklan produk komersial yang berbeda dengan iklan pengumuman biasa.

Iklan yang bersifat komersial ini biasa juga disebut iklan propaganda di mana isinya lebih mengarahkan atau membujuk orang untuk menggunakan/ membeli produk yang ditawarkan atau melakukan aksi sesuai dengan yang diminta pada iklan tersebut.

Tujuan teks iklan
Tujuan dari teks iklan ini adalah untuk memperkenalkan suatu produk (barang maupun jasa) kepada khalayak ramai, untuk menarik perhatian sehingga mereka tergerak untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan tersebut

Pada intinya, teks iklan ini bersifat presuasif atau berupa ajakan. Karenanya, teks iklan ini juga sering disertai dengan gambar agar jelas barang yang ditawarkan, serta lebih menarik perhatian. ( Baca juga: Periodisasi Sastra - Perkembangan Kesusastraan )

Fungsi Teks Iklan
Teks iklan memiliki banyak fungsi. Fungsi teks iklan diantaranya :

  1. Sebagai informasi, seperti misalnya menyampaikan info produk baru, ciri-ciri, dan lain-lain.
  2. Sebagai persuasi, yakni untuk mengarahkan konsumen agar membeli.
  3. Sebagai reminder, yakni iklan mengingatkan konsumen tentang suatu produk agar selalu menggunakan produk tersebut.

Isi Teks Iklan
Isi teks iklan dapat beragam. Misalnya, ada iklan tentang sekolah yang tujuannya untuk mencari siswa atau mahasiswa. Ada iklan dari perusahaan atau lembaga yang mencari tenaga kerja (iklan ini biasa disebut iklan lowongan pekerjaan).

Ada juga iklan yang menawarkan jasa untuk mereparasi alat-alat rumah tangga atau alat-alat kantor yang rusak, serta iklan penawaran produk dan lain-lain. Semua teks iklan ini dibuat dengan maksud agar masyarakat mengetahui dan bila perlu dapat membeli/ memanfaatkan/ melamar/ bertindak sesuai dengan ajakan dalam iklan tersebut.

Teks Iklan yang Baik
Menyusun teks iklan bukanlah perkara yang mudah. Terlebih, bila iklan tersebut adalah untuk menawarkan barang-barang sejenis yang telah dikeluarkan oleh berbagai produsen.

Karenanya, penting untuk mengetahui bagaimana ciri ciri teks iklan yang baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyusun teks iklan yang menarik sehingga iklan tersebut dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Berikut hal hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun teks iklan :
1.      Iklan harus menarik perhatian umum, sehingga dapat menimbulkan keinginan pembaca untuk mengetahui lebih lanjut terhadap apa yang diiklankan.
2.      Isi iklan harus singkat dan jelas, agar pembaca dapat segera mengerti apa maksudnya.
3.      Iklan harus jujur, artinya hal yang diiklankan tersebut harus sesuai dengan kenyataan.
4.      Iklan tidak boleh memuat kata-kata atau kalimat yang dapat menyinggung perasaan golongan masyarakat maupun produsen lainnya yang sejenis.

Teks Iklan yang Menarik
Untuk menghasilkan teks iklan yang menarik, harus memperhatikan beberapa karakter berikut ini :
1.      Harus disusun dengan kalimat-kalimat yang singkat dan mudah dipahami
2.      Kalimat-kalimat langsung menuju sasarannya
3.      Hal atau barang yang diiklankan hendaknya dibuat hidup dan bersemangat agar dapat menimbulkan keinginan publik untuk memiliki barang-barang yang diiklankan  tersebut.
4.      Gunakan gambar agar pembaca lebih berkesan.
5.      Perhatian ruang iklan, seperti berikut :
a.       Penempatan yang mencolok
b.      Huruf-huruf dan tulisan yang menarik
c.       Susunan/ lay out yang serasi.

Cara Memasang Iklan
Agar iklan yang disampaikan tepat sasaran, maka cara memasang iklan pun harus diperhatikan. Teks iklan tertulis pada umumnya dimuat dalam surat kabar atau majalah. Umumnya, setiap surat kabar atau majalah mempunya kekhususan tertentu.

Karenanya, dalam memilih surat kabar atau majalah tempat memuat teks iklan, kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut :
1.      Tempat atau daerah beredarnya surat kabar harian/ majalah
2.      Tingkat kecerdasan/ golongan pembacanya
3.      Besarnya oplah surat kabar/ majalah
4.      Jenis surat kabar/ majalah (misal untuk iklan produk kecantikan, lebih tepat dimuat di majalah wanita)
5.      Pemasangan iklan seharusnya dilakukan berkali-kali.

Macam Macam Teks Iklan
Teks iklan secara umum, berdasarkan pada tujuannya dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis yakni : teks iklan keluarga, teks iklan pengumuman dan undangan, teks iklan pasaran tenaga kerja, teks iklan jual beli dan sewa menyewa, serta teks iklan propaganda .

Berikut keterangan dari macam macam teks iklan yang ada.

1. teks iklan keluarga,
Iklan keluarga merupakan iklan yang memuat berita keluarga. Jadi, bukan untuk menarik perhatian publik dengan maksud menjual sesuatu. Iklan keluarga sekedar memberitahukan pada segolongan publik tertentu akan kabar tertentu.

Misalnya saja seperti berita kematian, pernikahan, kelahiran, pindah alamat dan lainnya.

Contoh teks iklan keluarga misalnya :

IKUT BERDUKA CITA
Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun

ATAS WAFATNYA :
Bapak Alfa Beta Gama
(Direktur Utama PT Nusantara Hebat)

SEMOGA ARWAH BELIAU DITERIMA DI SISI TUHAN YANG MAHA ESA DAN KELUARGA YANG DITINGGALKAN DIBERI KEKUATAN

Surabaya, 31 Desember 2015
Segenap Staf dan Karyawan
PT Nusantara Hebat

2. Teks iklan pengumuman dan undangan,
Teks iklan pengumuman dan undangan berisi pemberitahuan pada khalayak umum atau golongan tertentu yang umumnya dibuat tidak untuk menjual barang atau jasa. Iklan seperti ini biasanya dibuat oleh instansi pemerintah atau badan swasta.

Contohnya seperti pengumuman tentang penerimaan mahasiswa baru, perubahan alamat kantor, undangan rapat, pengumuman pemadaman listrik dan lainnya.

Isi pengumuman ini juga harus jelas, singkat serta disusun secara sistematis. Hal terpenting harus segara dapat terlihat pesan yang hendak disampaikan. Misalnya dengan membuat kop menggunakan huruf yang mencolok. Kop yang mencolok akan membuat pembaca tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai isi pengumuman.

Contoh teks iklan pengumuman

UNIVERSITAS SATU INDONESIA (USI)
Jalan Merdeka 111, Jakarta Pusat

PENGUMUMAN
  1. USI menerima mahasiswa baru tahun kuliah 2015/2016, pada :
    1. F. HUKUM
    2. F. EKONOMI
    3. F. SOSPOL
    4. S. SASTRA
  2. PENDAFTARAN
Mulai 1 Januari 2016
  1. SYARAT
Kunjungi www.usi.ac.id

3. Teks iklan pasaran tenaga kerja,
Merupakan iklan dari instansi-instansi pemerintah atau badan swasta yang membtuhkan tenaga kerja. Iklan mencari pekerjaan juga dapat digolongkan ke dalam jenis ini. Membuat iklan jenis ini harus jelas dan ringkas, serta hal pokok dikemukakan lebih dulu dan diberi penekanan.

Contoh teks iklan pasaran tenaga kerja :

D I B U T U H K A N
Perusahaan Joint Venture baru di Jakarta Utara membutuhkan :
3 orang insinyur kimia teknik
Syarat :
Lulusan teknik kimia
Usia maksimal 33 tahun
Pengalaman minimal 3 tahun
Menguasai Bahasa Inggris

Kiriman lamaran tertulis, lampiri dengan copy ijazah, daftar riwayat hidup, foto terakhir dan berkas lain yang mendukung ke P.O. Box 9999/ JKT


4. Teks iklan jual beli dan sewa menyewa,
Teks iklan jual beli atau sewa menyewa berisi penawaran atau pembelian. Iklan seperti ini juga disebut sebagai iklan penawaran. Iklan penawaran, dapat meliputi :

a.       Penawaran barang / jasa
b.      Permintaan barang / jasa
c.       Penawaran mengenai sewa menyewa rumah dan lainnya.

Informasi utama harus disampaikan dengan cetakan tebal dan mencolok agar dapat menarik perhatian. Misalnya seperti kata “DIJUAL SEGERA”, “DIBUTUHKAN”, “DISEWAKAN” dan lain sebagainya.

Contoh teks iklan jual beli/ sewa menyewa

JUAL KREDIT

a.      HONDA JAZZ
b.      HONDA PICK UP

Keterangan :
SHOW ROOM MOBIL MEGASRI
Jalan Mangesti Raya 11/12 Tangerang
Contoh lain :

D I J U A L   S E G E R A
RUMAH MEWAH, HALAMAN LUAS, LOKASI STRATEGIS.

(Jalan Slamet Riyadi Surakarta) listrik 1900 watt, air tanah lancar,
ada taman, bebas banjir, bangunan baru.

Peminat serius hubungi 0811 1111 1111

5. Teks iklan propaganda
Jenis iklan propaganda adalah iklan yang mereklamekan barang-barang atau jasa, seperti misalnya pasta gigi, sabun, barang elektronik, mesin jahit, jasa pengangkutan, jasa bank, jasa asuransi dan sebagainya.

Tujuan iklan propaganda adalah untuk memperkenalkan (mempropagandakan) perusahaan yang baru dibuka, barang-barang baru atau barang-barang istimewa. Teks iklan ini juga disebut teks iklan komersial. Teks iklan jenis inilah yang paling sering dibahas dan dipelajari.

Selain itu, seringkali, bila kita hanya mengatakan ‘IKLAN’, maka secara umum orang sering merujuk pada teks iklan jenis ini.

Iklan jenis ini harus ditampilkan secara berkala dan berulang dalam berbagai surat kabar/ majalah atau media massa lain. Jenis iklan ini juga merupakan yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dalam penyusunannya.

Iklan komersial harus disusun dengan cara yang benar-benar menarik, memikat, dan aktual sehingga menimbulkan keinginan keras bagi pembacanya untuk membeli atau mencoba barang-barang yang diiklankan tersebut.

Karenanya, dalam menyusun iklan yang bersifat propaganda ini, sebuah perusahaan biasanya menyerahkannya pada suatu badan khusus, seperti biro iklan atau melalui staf khusus dari perusahaan tersebut.


Contoh teks iklan propaganda

RA-DENTA
Satu – satunya pasta gigi yang mengandung :
* FLOUR *
Zat yang diyakini para pakar gigi sedunia untuk mengatasi berbagai masalah gigi.

Contoh lain

RUMAH JAHIT MODELA

Penjahit terbaik di kelasnya dengan harga paling ramah

Pas Desainnya, Nyaman Dipakai, Menarik Dilihat

Jalan Raya Pemuda 11
Salatiga

Struktur Teks Iklan Komersial
Teks iklan yang dipelajari di sini adalah teks iklan yang berisi tentang promosi produk barang dan jasa. Sebuah teks iklan harus memiliki struktur yang baik. Struktur teks iklan tersebut terdiri atas : judul, nama produk, dan penjelasan tentang produk. Berikut penjelasannya :

1. Judul teks iklan
Judul teks iklan sebaiknya diletakkan di bagian paling atas dari teks iklan. Meski demikian, tidak semua iklan harus mencantumkan judul. Ada kalanya, suatu teks iklan meletakkan nama produk di bagian paling atas.

2. Nama produk
Struktur teks iklan yang perlu diperhatikan yang kedua adalah nama produk. Nama produk ini berisi nama produk yang diiklankan. Nama produk harus ditulis secara jelas.

3. Penjelasan tentang produk,
Penjelasan tentang produk ini memuat deskripsi produk yang diiklankan. Deskripsi dapat meliputi spesifikasi produk, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan
Teks iklan penting untuk memperhatikan unsur kebahasaannya. Adapun ciri ciri teks iklan dari segi kebahasaannya ini, seperti berikut :

1. Menggunakan Slogan
Ciri teks iklan yang pertama adalah mengandung bahasa slogan. Slogan merupakan kumpulan kata atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan suatu maksud tertentu.

Umumnya slogan terdiri dari empat hingga lima kata yang mudah diingat. Tentunya, setiap slogan harus memiliki daya tarik yang kuat sehingga pesan yang dimaksud dapat sampai pada sasaran.

Dalam  sebuah iklan, slogan merupakan pernyataan atau susunan kata tertentu yang secara singkat menjelaskan tentang produk atau jasa layanan sehingga mudah diingat publik. Pembuatan slogan sangat penting dalam dunia periklanan.

Dengan slogan, iklan dapat lebih mudah diingat publik dan lebih terkenal. Karenanya, kata-kata dalam slogan iklan haruslah kreatif dan tidak ketinggalan zaman supaya masyarakat semakin mudah mengingatnya.

Penggunaan slogan yang berhasil dapat diamati dari seberapa jauh masyarakat mengenal dan mengingat slogan tersebut. Slogan dikatakan berhasil ketika hanya dengan mendengar slogannya, orang-orang dapat mengenali produk apa yang menggunakan slogan tersebut pada ikalnnya.

2. Menggunakan Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif juga merupakan ciri khas utama dari teks iklan. Kalimat persuasive dalah kalimat yang isinya bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca supaya melaksanakan atau menerima gagasan akan suatu hal.

Contoh kalimat persuasif yang sering disertakan dalam iklan suatu produk misalnya : “murah, cepat dan handal”, “beli rumah gak pake mikir, tanpa dp, tanpa syarat ribet”, “produk yang direkomendasikan oleh jutaan dokter mata di seluruh dunia”

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama
Teks iklan umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak. Misalnya kata aku, saya, dan kami. Subjek orang pertama ini digunakan untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan.


CONTOH TEKS IKLAN PRODUK
Agar lebih jelas mengenai teks iklan produk komersial ini, mari kita perhatikan beberapa contoh teks iklan yang dibuat oleh berbagai perusahaan periklanan, seperti berikut ini (berikut disertakan pula contoh teks iklan bahasa Inggris) :

contoh teks iklan bahasa Inggris
contoh teks iklan bahasa Inggris

contoh teks iklan
contoh teks iklan

contoh teks iklan
contoh teks iklan


Diberdayakan oleh Blogger.