Profil Lengkap Negara Italia



Mengenal Profil Republik Italia


Italia adalah salah satu negara populer di Benua Eropa. Negara yang juga dikenal sebagai Republika Italiana atau Italian Republic ini merupakan bagian dari Eropa Selatan. Nah, buat kamu yang ingin mengenal profil negara Italia lebih jauh lagi, berikut informasinya untuk kamu.

Profil Italia


Nama Negara
: Republika Italiana
Letak
: Eropa Selatan
Perbatasan Negara
: Barat dengan Monaco, Perancis, dan Laut Tengah
  Timur dengan Laut Adriatik
  Utara dengan Austria dan Swiss
  Selatan dengan Laut Lonia
Bentuk Pemerintahan
: Republik
Kepala Negara
: Presiden ( Presidente della repubblica )
Kepala Pemerintahan
: Perdana Menteri
Ibu Kota Negara
: Roma
Mata Uang
: Euro, sebelum 1999 menggunakan Lira
Hari Kemerdekaan
: Hari Penyatuan – 17 Maret 1861
  Hari Republik – 2 Juni 1946
Bahasa Resmi
: Italia
Agama
: Mayoritas Katolik Roma
Luas Wilayah
: 301.336 Km²
Daerah Wilayah
: 20 regioni, yakni : Abruzzo, Basilicata, Calabria, Campania, Emilia-Romagna, Friuli-Venezia Giulia, Lazio, Liguria, Lombardia, Marche, Molise, Pemonte, Puglia, Sardinia, Sisilia, Toscana, Trentino-Alto Adige, Umbria, Valle d’Aosta, Veneto

Italia

Keterangan Tambahan tentang Italia

Italia memiliki ibu kota di Roma. Sebagai ibu kota, Roma juga merupakan kota terbesar yang ada di Italia dan terbilang paling populer. Seboyan negara Italia adalah L'Italia e una Republica Democratica, Fondata sul lavoro yang memiliki arti Italia adalah sebuah republik yang demokratis, dibangun di atas hasil karyanya.

Sedangkan lagu kebangsaan negara Italia adalah Il Canto Degli Italiani. Mayoritas penduduk Italia beragama Katolik Roma. Sementara minoritas penduduknya ada yang beragama Kristen Protestan, Islam, Yahudi dan lainnya.

Italia dihuni oleh mayoritas suku bangsa Italia, dan sejumlah kecil orang Jerman, Albania, Sloven, Yunani, Perancis dan lain-lain. Selain bahasa resmi Italia, sebagian penduduknya ada juga yang menggunakan bahasa sehari-hari berupa bahasa Jerman dan bahasa Perancis. 

Italia memiliki hasil sumber daya alam berupa batu bara, gas, abu, garam, mercury, marmer, sulfur dan lainnya. Sementara hasil pertaniannya berupa anggur, sayu-sayuran, jeruk, zaitun dan lainnya. Sementara hasil industri yang ternama dari Italia adalah mesin, baja, kendaraan bermotor, tekstil, sepati, perkakas kimia, dan lain-lain.

Masyarakat Italia juga memiliki hari besar yang paling berharga yakni Hari Penyatuan yang jatuh pada tanggal 17 Maret 1861 dan Hari Republik yang jatuh pada tanggal 2 Juni 1946.


Diberdayakan oleh Blogger.