Aneka Galaksi di Jagad Raya




Galaksi yang ada di jagat raya ini ada begitu banyak jumlahnya. Diantaranya, ada beberapa galaksi yang cukup terkenal dalam dunia astronomi. Yakni:

a. Galaksi Bimasakti
Galaksi Bimasakti (The Milky Way) adalah galaksi tempat tata surya berada dimana menjadi pusat revolusi bumi. Galaksi ini ditemukan pada 18 Juli 1783, oleh seorang astronom Inggris bernama William Hershel.

Di dalam Galaksi Bimasakti terdapat sekitar 400 milyar bintang. Garis tengah galaksi ini sekitar 130.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya = 9.500 milyar kilometer).

b. Galaksi Magellan
Galaksi Magellan merupakan galaksi yang letaknya paling dekat dengan galaksi Bimasakti. Jaraknya sekitar 150.000 tahun cahaya. Galaksi Magellan berada di belahan langit selatan yang mempunyai bentuk tak beraturan.

c. Galaksi Ursa Mayor
Galaksi Ursa Mayor berada sekitar 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti. Galaksi ini mempunyai bentuk elips dengan materi yang rapat.

d. Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda letaknya sekitar 2,5 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti. Galaksi Andromeda merupakan galaksi raksasa yang mempunyai diameter sekitar 200 ribu tahun cahaya.

Besar Galaksi Andromeda sekitar dua kali lipat dari galaksi Bimasakti. Galaksi Andromeda memiliki massa 300 hingga 400 billiun kali masa matahari. Bentuk galaksi ini yang bulat khas dan ukurannya yang besar membuat galaksi ini mudah diamati hanya dengan teleskop sederhana.
e. Galaksi Black Eye
Galaksi Black Eye merupakan sebuah galaksi yang bermula dari temuan seorang astronomi Prancis, Charles Messier di tahun 1781. Ketika itu, ia menemukan sebuah galaksi dengan sifat yang aneh yaitu memiliki cincin kabut dan berwarna gelap.

Cincin kabut itu mengelilingi sebuah inti yang tampak terang benderang. Dari pengamatannya, galaksi tersebut tampak seperti mata manusia. Karenanya, Messier pun menamai galaksi tersebut dengan Black Eye.

Galaksi Black eye merupakan galaksi spiral dengan lengan yang seperti belalai menujulur dari intinya yang terang. Dari galaksi Bima Sakti, jarak galaksi Black Eye sekitar sekitar 17 juta tahun cahaya.

f. Galaksi Jauh
Galaksi Jauh merupakan sebuah galaksi yang letaknya berada lebih dari 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti.

Galaksi Jauh juga digunakan untuk menyebut galaksi-galaksi lain yang terletak jauh atau lebih dari 10.000.000 tahun cahaya dari bima sakti. Yang termasuk dalam galaksi jauh misalnya galaksi Silvery, Triangulum, dan Whipool.


Diberdayakan oleh Blogger.