Selasa, 06 Maret 2018

Langkah Praktis Membangun Blog


Apa yang hendak Anda lakukan ketika hendak mengikuti sebuah ujian? Apa pula yang Anda lakukan jika hendak berpergian jauh? Jika ingin membangun rumah? Ingin makan? Jawaban umum yang bisa menjawab semua hal itu, tak lain adalah ‘persiapan’. 

Ya, apa pun yang akan kita jalankan, sudah sepatutnya kalau kita mempersiapkan segala sesuatunya. Tujuannya, agar apa yang kita akan jalankan, bisa berjalan dengan lancar.

Istilah keren dari persiapan ini adalah membuat ‘rencana’. Bukan sekedar rencana, tapi harus rencana yang matang. Ketika Anda memutuskan untuk membangun blog, maka Anda harus sudah bersiap diri dengan segala hal, demi mencapai tujuan yang Anda inginkan, dan sesuai dengan alasan Anda nge-blog. Memahami langkah praktis membangun blog adalah hal wajib.

Rencana yang matang ini adalah hasil ramuan dari : strategi yang jitu, konsep yang matang, rincian yang jelas, landasan yang tepat, dan dipadukan dengan ilmu –ilmu blogging yang telah banyak dibuktikan dan dianalisa oleh para master blog. 

Jadi, jika Anda memang ingin menciptakan blog yang ‘baik’, Anda tidak bisa hanya asal memulai saja. Persiapa ngeblog itu adalah hal yang wajib untuk menghasilkan ramuan yang terbaik bagi blog Anda, hingga hasilnya, blog yang tercipta sesuai dengan target atau keinginan Anda. 

Pertanyaan berikutnya, “Lantas apa saja nih yang mesti Anda lakukan sebagai bentuk persiapan ngeblog, alias langkah praktis membangun blog ini? Berikut adalah hasil rangkuman yang berhasil saya pungut dari berbagai sumber, yang saya anggap terpercaya, aplikatif, dan terbukti manjur, plus dipadukan dengan analisa pribadi saya.
1) Menentukan tema
2) Persiapan dana
3) Mencari penulis atau bersiap menulis sendiri
4) Memperbanyak informasi tentang blogging
5) Mencari teman komunitas blogger
6) Memahami hal –hal terlarang dalam blogging

Agar lebih jelas, kita bisa langsung melihat penjelasan singkatnya berikut ini. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, ada dalam artikel tersendiri ya. Masing –masing artikel akan menyajikan secara lengkap, dari masing –masing langkah praktis membuat blog, seperti yang telah disebutkan.  

A. Menentukan tema / niche

Blog dengan niche atau tema yang jelas, akan mampu mengundang kesan yang lebih mendalam, serta memudahkan pembaca lebih mudah mengenali blog Anda. Tema blog akan membuat blog jadi lebih terarah. Jadi, menentukan tema sudah merupakan hal wajib untuk dilakukan sebagai langkah paling awal dalam membangun blog. 

Tetapkan tema yang paling sesuai untuk Anda. Tema yang sesuai adalah tema yang mampu merangkum aspek kesenangan Anda, aspek kebutuhan pembaca, dan aspek dukungan sponsor. 


B. Persiapan dana

Blogging memang bisa dilakukan dengan gratis, alias tanpa modal. Blogging memang adalah suatu pekerjaan fleksibel dan bisa dijalankan tanpa harus mengeluarkan modal, bahkan sepeser pun. Namun, jika Anda ingin agar hasilnya maksimal, Anda bisa mengalokasikan modal Anda untuk kegiatan blogging.

Sekalipun demikian, Anda juga bisa mengalokasikan modal dana untuk blogging. Modal dana yang dibutuhkan untuk memulai blogging ini alokasinya untuk beberapa hal berikut :
• Modal untuk membeli / sewa domain
• Modal untuk menyewa hosting
• Modal untuk membeli template
• Modal untuk membeli tulisan
• Modal untuk promosi


C. Mencari penulis atau bersiap menulis sendiri

Blog identik dengan tulisan. Ada dua pilihan untuk bisa mengisi blog Anda. Pertama adalah dengan mengisi konten tulisan hasil karya Anda sendiri, atau dengan memanfaatkan tulisan orang lain. 

Akan tetapi, ada catatan yang mesti Anda ingat. Bagaimana pun Anda mendapatkan tulisan tersebut, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa tulisan tersebut ramah terhadap mesin pencari dan pembaca. 

Tidak mudah untuk bisa menghasilkan tulisan yang ramah teradap mesin pencari sekaligus terhadap pembaca. Karenanya, Anda tidak bisa mengambil sembarang tulisan. Kecuali, blog yang Anda buat akan Anda iklankan secara besar –besaran, mungkin kriteria ramah terhadap mesin pencari bisa diabaikan. 

D. Perbanyak informasi tentang blog

Jika Anda ingin sukses menjadi blogger, maka adalah hal wajib bagi Anda untuk memperbanyak informasi mengenai blog. Apa pun hal seputar blog, cari tahu, pelajari. Ada banyak cara untuk memperkaya pengetahuan Anda tentang blog. 

Selain membaca buku, Anda bisa membaca seputar blogging di internet. Ada banyak situs yang menyebarkan informasi seputar blog yang bisa dengan mudah Anda temukan di internet.


E. Cari teman komunitas blogger

Mencari teman komunitas blogger ada banyak keuntungan. Pertama dan yang paling utama, Anda bisa menjadikan ini sebagai tempat untuk memperkaya informasi. Di dalam komunitas blogger pun biasanya juga akan tumbuh rasa solidaritas yang lebih pekat antar anggotanya. 

Karena lebih solid, mereka biasanya juga akan lebih terbuka untuk saling bertukar informasi, dan melayani tanya jawab. Ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang masih merupakan blogger pemula. 


F. Pahami hal terlarang dalam blogging

Kaidah –kaidah hukum dalam blog mencakup adanya hal –hal terlarang yang tidak boleh kita lakukan. Kenapa terlarang? Karena jika kita melakukan berbagai pantangan ini, maka blog kita bisa terkena masalah dan ini artinya usaha kita bisa gagal dan hancur. 

Seorang blogger juga harus memahami apa saja hal –hal terlarang dalam blogging, dan selalu melakukan update terhadap informasi terkait hal terlarang ini. Jadi, kita para blogger bisa terhindar dari berbagai efek buruk yang bisa ditimbulkan terhadap blog kita.

Nah, demikianlah tips trik mengenai langkah praktis membangun blog yang penting untuk Anda pahami. Langkah praktis ini bisa dipraktekkan bagi Anda yang ingin jadi blogger sukses, dan mendapatkan uang lewat blog.

Loading...