Contoh Abstrak Skripsi dan Cara Menulis Abstrak Skripsi

Abstrak dalam suatu penelitian skripsi adalah satu bagian yang tak dapat dilewatkan. Abstrak merupakan bagian yang penting dalam setiap skripsi. Untuk itu, penting bagi seorang mahasiswa, terutama mahasiswa semester akhir untuk memiliki kemampuan dalam membuat abstrak.


Cara menulis abstrak sebetulnya adalah perkara mudah. Meski demikian, tak sedikit mahasiswa yang masih merasa kebingunan tentang cara menulis abstrak skripsi yang benar. Sebab, menulis abstrak skripsi memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada aturan baku yang perlu diperhatikan dalam penulisan abstrak skripsi.

Apa saja aturan dalam menulis abstrak dan bagaimana cara menulis abstrak skripsi yang tepat? Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis abtrak skripsi, meliputi :
  • Abstrak ditulis dengan jumlah kata maksimal 250 kata. Jumlah 250 kata adalah aturan umum. Meski demikian, beberapa dosen mungkin ada yang memperkenankan penulisan abstrak lebih dari 250 kata. Tapi, idealnya abstrak ditulis tidak lebih dari satu halaman.
  • Ditulis dengan spasi antar paragraf satu (single spacing)
  • Disertai kata kunci. Biasanya jumlah kata kunci yang ditulis adalah 5 kata.
  • Penulisan bahasa asing dicetak miring.
  • Terdiri dari tiga paragraf. Jumlah paragraf ini juga merupakan ketentuan umum, dengan masing -masing paragraf memuat beberapa informasi tertentu.
  • Secara umum, paragraf pertama memuat : judul penelitian, rumusan masalah, latar belakang dan tujuan penelitian.
  • Secara umum, paragraf kedua memuat : metode penelitian, teknik analisa data, landasan teori.
  • Secara umum, paragraf ketiga berisi tentang hasil atau kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang sudah dilakukan.
  • Abstrak biasanya ditulis dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dengan format penulisan atau isi tulisan abstrak yang serupa.

Contoh Abstrak Skripsi


ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi Cina meningkat dalam beberapa dekade sejak 1978. Bahkan Gross Domestic Product Cina melebihi pertumbuhan ekonomi dunia. Pertumbuhan ini terjadi sejak kebijakan reformasi dan keterbukaan dilaksanakan Deng Xiaoping. Kebijakan ini dan relasinya terhadap peningkatan ekonomi Cina adalah hal menarik. Penelitian dengan judul “Dampak Kebijakan Reformasi dan Keterbukaan terhadap Perkembangan Ekonomi Cina”, memiliki rumusan masalah bagaimana strategi ekonomi yang diterapkan Cina, dan apa dampak kebijakan reformasi dan keterbukaan terhadap perkembangan ekonomi Cina. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Cina dalam mengembangkan perekonomian, dan mengetahui dampak strategi reformasi dan keterbukaan terhadap perkembangan ekonominya.

Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan. Adapun  sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari press release, serta data perkembangan ekonomi Cina yang disajikan oleh kementrian terkait bidang perdagangan di Cina. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Landasan teori yang digunakan adalah teori state corporatism, kapitalisme dan sosialisme.

Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa kebijakan reformasi dan keterbukaan yang dilakukan Cina menggunakan konsep state corporatism. Cina mengembangkan sistem pasar sosialis guna menyesuaikan kondisi global yang banyak dipengaruhi paham kapitalisme. Dalam mengembangkan ekonominya, Cina menerapkan beberapa kebijakan seperti: TVEs (township and village enterprises), SEZ (special economic zone), Teori Tiga Perwakilan, dan Keanggotan dalam WTO (World Trade Organization). Kebijakan-kebijakan ini menunjukkan adanya keterbukaan ekonomi yang dijalankan Cina. Pemerintah Cina melakukan pembebasan pasar tanpa kehilangan kontrolnya terhadap mekanisme pasar. Reformasi ekonomi China dilakukan tanpa meninggalkan ideologi sosialismenya, dan tetap dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi.



Kata kunci: ekonomi, keterbukaan, reformasi, state corporatism