Rabu, 28 Juni 2017

Pengertian, Fungsi, dan Unsur Seni Musik

Banyak sudah informasi yang tersedia di porosilmu.com yang tetap memberikan informasi yang berbeda dan tentunya sangat membantu. Pada kali ini akan ada pembahasan mengenai seni musik, termasuk pengertiannya, fungsi hingga unsur dari seni musik itu sendiri. Untuk lebih jelasnya bisa disimak dibawah ini.

Pengertian
Musik berasal dari bahasa yunani yaitu mouikos dari nama dewa yunani yang melambangkan sesuatu keindahan dan keilmuan yang menguasai bidang seni.

Bukan hanya itu saja, terdapat banyak pendapat mengenai pengertian seni musik antara lain sebagai berikut :
KBBI
: Ilmu yang menyusun beberapa nada dalam satu urutan, kombinasi, serta hubungan temporal dalam menghasilkan suara yang memiliki kesatuan dan kesinambungan.

Aristoteles
: curahan dari kekuatan tenaga penggambaran yang bersumber dari perasaan dalam bentuk melodi yang berirama.

David Ewen
: ilmu pengetahuan dan seni mengenai kombinasi ritmik dari nada vokal dan instrumental serta terdiri dari melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang diungkapkan secara emosional.

Jamalus
: hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya kedalam unsur pokok musik sebagai satu kesatuan yang utuh.

Lexicographer
: Ilmu dan seni yang berasal dari kombinasi ritmis nada, vokal dan instrumental serta dikombinasi dengan melodi dan harmoni agar terciptanya karya seni yang bersifat emosional.

Berdasarkan beberapa pendapat yang ada diatas maka bisa disimpulkan bahwa musik merupakan ilmu atau seni yang berbentuk suara,  bunyi, dan nada yang dikombinasi secara runtut sebagai satu kesatuan yang utuh  dengan irama, melodi, harmoni sehingga bisa menggambarkan perasaan penciptanya secara emosional. 

Pengertian, Fungsi, dan Unsur Seni Musik

Fungsi Musik
Musik adalah elemen yang sangat penting dalam kehidupan manusia khususnya penggemar musik. Musik sangat memegang peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Contohnya :

1. Sebagai media dalam mengekspresikan diri
Tidak sedikit orang yang mengungkapkan ekspresinya kedalam bentuk musik karena itu dianggap lebih mudah diterima karena adanya lirik dalam musik vokal yang disusun secara runtut. Penggunaan nada juga sangat penting jika nada yang digunakan berirama lambat dan halus maka menunjukan ekspresi sedih dan jika nada bertempo cepat dan bersemangat maka menunjukan ekspresi senang.

2. Sebagai media hiburan
Media hiburan sangat didominasi dengan musik, selama musik dianggap menyenangkan dan indah maka musik bisa menjadi sarana hiburan ketika suasana hati sedang bosan dan sedih.

3. Sebagai sarana terapi
Dengan adanya musik bisa digunakan untuk terapi yang mulai dikenalkan pada perang dunia ke-II, pada saat itu musik digunakan untuk media terapi bagi korban perang. Dan sekarang musik tetap digunakan dalam terapi kesehatan dan penyakit mental karena musik dianggap bisa menyegarkan sistem kinerja otak.

4. Sebagai sarana upacara
Di indonesia terdapat banyak budaya yang masih kental dengan suasana adatnya, musik juga berperan dalam hal ini karena sering digunakan dalam upacara adat seperti upacara kelahiran, kematian, keagamaan, kenegaraan dan perkawinan. Ada juga yang beranggapan bahwa disuatu daerah bunyi dari alat musik memiliki kekuatan magis.

5. Sebagai sarana komersial
Musik juga bisa dijadikan sarana dalam mencari penghasilan, kebanyakan para seniman musik menjadikan hasil karya mereka untuk dinikmati publik secara komersial. Contohnya mereka merekam hasil karyanya dalam bentuk CD lalu dijual dipasaran sehingga menghasilkan uang. Bukan hanya itu tetapi para musisi bisa juga mengadakan pertunjukan live ( konser ).

6. Sebagai sarana tari
Dalam seni tari, musik juga digunakan untuk mengiringi gerakan tari agar terlihat lebih indah dan pas. Dalam memilih musik harus melihat kesamaan pola dan ritme yang satu dengan yang lain. Di indonesia setiap daerah memiliki iringan musik yang berbeda dalam mengiringi tari.

7. Sebagai sarana pendidikan
Musik juga digunakan dalam sarana pendidikan di sekolah dalam menumbuhkan perasaan cinta terhadap tanah air melalui lagu-lagu nasional. Lagu daerah juga bisa menumbuhkan sikap toleransi terhadap suku, ras, dan agama.

8. Sebagai sarana komunikasi
Di suatu daerah tertentu bunyi instrumen memiliki arti tertentu oleh masyarakat setempat. Bunyi tersebut memiliki pola yang berbeda sehingga bisa menjadikan penanda jika terjadi peristiwa yang harus diinformasikan kepada masyarakat.  Contohnya kentongan, bedug, dan lonceng.

9. Sebagai sarana kreativitas
Setiap manusia memiliki kreativitas yang berbeda-beda maka dari itu kreativitas selalu diperlukan untuk mengiringi tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan.

Unsur Musik
Melodi
tingkat tinggi – rendahnya dan panjang – pendeknya nada dalam musik.  Melodi terdiri dari durasi yang merupakan kumpulan not yang menjadi melodi dalam waktu tertentu, sedangkan tone merupakan alat musik yang menghasilkan not dengan warna suara yang berbeda serta pitch sendiri merupakan warna suara yang mengatur serangkaian not ( A – G ).

Ritme
rangkaian gerak nada yang beraturan sehingga menjadi dasar dari musik. Ritme terbentuk dari bunyi dan diam panjang-pendeknya dalam waktu yang bervariasi sehingga membentuk pola irama. Irama sendiri berperan sebagai pengatur suara dan hening. Irama terdiri dari not, tempo dan ketukan.

Harmoni
ilmu pengetahuan yang membahas keindahan komposisi musik. Harmoni akan melibatkan kord secara terus menerus. Harmoni terdiri dari kord yang merupakan kumpulan dari not yang mengatur keharmonisan melodi,  skala yang merupakan serangkaian not yang berfungsi sebagai kerangka dari musik dan interval adalah jarak antara dua buah nada.

Dinamik
tingkatan keras dan lembutnya dalam memainkan musik. Keras lembut tersebut memiliki istilah dalam seni musik yaitu, Fortissimo ( ff : sangat keras ), Forte ( f : keras ), Mezzo forte ( mf : setengah keras ), Mezzo piano ( mp : setengah lembut ), pianissimo ( pp : sangat lembut ), piano ( p : lembut ). Dan masih terdapat tanda lainnya yang digunakan dalam tanda dinamik seperti decrescendo ( lembut ) dan srescendo ( keras ).

Tangga nada
urutan nada yang disusun layaknya tangga. Tangga nada terbagi menjadi dua yaitu pentatonik yang terdiri dari 5 nada pokok  dan diatonik terdiri dari 7 nada dari interval yang sudah ditentukan.

-- Materi Pelajaran --
Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info