Cara Menggunakan Numbering Machine (Mesin Penomor)



Ketika mempelajari aneka peralatan kantor, maka kamu pasti akan menjumpai tentang mesin penomor atau numbering machine. Mesin penomor atau numbering machine ini adalah suatu alat yang berguna untuk memberikan nomor -nomor secara berurutan, misalnya untuk memberikan nomor pada surat pesanan, faktur, saham, cek, karcis dan lainnya.

Mesin penomor menjadi peralatan kantor yang sangat bermanfaat bagi mereka yang bekerja di kantor terutama di bagian surat menyurat, dokumentasi gudang, dan sejenisnya.


Dengan menggunakan mesin penomor, maka kita bisa memberikan nomor secara ototmatis dan berurutan atau rangkap tanpa harus memutar atau mengganti cap terlebih dahulu, seperti pada cap tanggal atau cap nomor. Mesin penomor bisa memberikan nomor yang sama hingga sebanyak 12 kali. 

Mesin penomor ini digerakkan dengan tangan atau bersifat manual dan bisa membuat nomor secara otomatis. Di dalam mesin penomor, terdapat pengatur angka yang menggunakan stylus.

Bagian -bagian dari mesin penomor ini secara umum adalah :
1. Alat pengatur hentakan (action indicator)
2. Roda angaka (digital wheel. Figure wheel)
3. Penuntun baris (guide plate)
4. Bantalan tinta (ink pad)
5. Pengumpil penjepit (fising lever)
6. Kunci penyangga (buffer button)
7. Tangkai penekan (handle grip)
8. Tombol pembersih (eliminating button)

Cara menggunakan mesin penomor
Lantas, bagaimana cara menggunakan mesin penomor atau numbering machine ini? cara menggunakan mesin penomor sangat mudah. Pada intinya, ada tiga langkah utama yang perlu dilakukan untuk mempergunakan mesin penomor. Langkah menggunakan numbering machine, yakni :

1) Pemberian tinta, caranya :
- Tangkai ditekan ke bawah, lalu bantalan tinta dilepaskan dengan cara memakai fixing lever.
- Bantalan tinta diberi tinta khusus, yakni numbering machine ink atau duplicator ink.

2) Pengatur nomor pertama, caranya :
- Tangkai mesin ditekan ke arah bawah, dan geser kunci penyangganya agar tangkai tertakan pada posisi di bawah. Sementara alasnya harus menghadap ke arah muka kita.

3) Pembuatan nomor, caranya :
- Menyiapkan kertas yang akan diberikan nomor. Untuk bisa mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya kertas diberikan alas.
- Tekan handle ke arah bawah, dan setelah itu ujung plat penunjuk di tempatkan pada garis nomor yang tepat.

Cara Pembuatan Nomor Rangkap pada Mesin Penomor
Dengan menggunakan mesin penomor, kita juga bisa membuat nomor rangkap. Cara membuat nomor rangkap dengan mesin penomor yakni dengan cara menarik ke luar alat pengatur hentakan atau action indicator dan meletakkan dial indicator pada posisi yang diinginkan, sehingga bisa mendapat nomor rangkap otomatis. Lalu, letakkan lagi action indikator di posisi semula.

Cara Pembuatan Nomor dengan Digit Kecil pada Mesin Penomor
Cara pembuatan nomor dengan digit kecil maksudnya adalah dengan membuat nomor yang terdiri dari 3 angkat, tetapi mempergunakan mesin penomor yang memiliki digit 5, 6, 7.


Diberdayakan oleh Blogger.