Contoh Surat Perjanjian Kerja



Cara Membuat Surat Perjanjian Kerja


Ketika kita mendapatkan suatu pekerjaan, maka kita perlu surat perjanjian yang mengikat kita sebagai pekerja dan pihak pemberi kerja. 

Surat perjanjian kerja ini dapat dibuat untuk pegawai kontrak, pegawai dalam masa training atau pun pegawai yang hendak diangkat sebagai pegawai tetap.

Surat perjanjian kerja ini berisi tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak, atau pihak pemberi kerja dan pihak pekerja. 

Surat ini penting untuk mempertegas posisi masing-masing dan menerangkan kewajiban serta hak yang perlu dipenuhi oleh masing-masing pihak tersebut. 

Surat perjanjian kerja ini umumnya dibuat dengan materai dan ditandatangani oleh pihak kesatu dan kedua, tanpa perlu adanya tanda tangan saksi. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada contoh surat perjanjian kerja berikut ini:

Contoh Surat Perjanjian Kerja

Contoh surat perjanjian kerja

YAYASAN PENDIDIKAN “CINTA ILMU”
Jalan Adi Sucipto No. 55 Telp. 123456
Semarang
---------------------------------------------------------------
PERJANJIAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :
1.      Dewan pengurus Yayasan Pendidikan “Cinta Ilmu” yang berkedudukan di Jalan Adi Sucipto No. 55 Semarang, yang dalam hal ini diwakili oleh :
Drs. Marto Hadi, selaku ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan “Cinta Ilmu”, selanjutnya disebut seabgai PIHAK KESATU.
2.      Nama                    : …………………………………………….
Pekerjaan  : …………………………………………….
Alamat                 : …………………………………………….
Yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Mengadakan perjanjian kerja berikut :

Pihak kesatu :
1.      Menugaskan pihak kedua untuk melaksanakan tugas sebagai guru di lingkungan Yayasan Pendidikan “Cinta Ilmu”.
2.      Menugaskan pihak kedua untuk bekerja sama serta saling membantu sesama corp demi lancarnya pendidikan.
3.      Memberlakukan penugasan sesuai perjanjian kerja ini, hanya untuk tahun ajaran 2016/ 2017.
4.      Membatalkan perjanjian ini dengan sendirinya setelah masa berlakunya di tahun ajaran tersebut selesai.
5.      Berhak untuk membatalkan perjanjian ini, tanpa ganti rugi apapun apabila ternyata dalam melaksanakan tugasnya, pihak kedua merugikan nama yayasan, atau mempunyai kondite yang kurang baik dinilai Yayasan Pendidikan “Cinta Ilmu”.

Pihak kedua :
1.      Menerima tugas serta melaksanakan dengan baik sebagaimana yang ditugaskan oleh pihak kesatu.
2.      Bersedia untuk bekerja sama serta saling membantu sesama corp demi kelancaran pendidikan, serta bersikap loyal terhadap yayasan.
3.      Tidak akan melakukan sesuatu kegiatan atau perbuatan, baik perorangan maupun kelompok, yang dapat merugikan anak didik.
4.      Menerima tugasnya sesuai surat perjanjian ini hanya untuk tahun ajaran 2016/ 2017 dengan menerima imbalan jasa berupa gaji/ honorarium sesuai dengan peraturan yang ada dan diberlakukan oleh yayasan.
5.      Berhenti melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan sendirinya setelah selesai masa berlakunya 1 tahun ajaran tersebut dengan terlebih dahulu menyelesaikan pertanggungjawaban selama tugasnya kepada pihak kesatu.
6.      Dapat menerima segala macam sanksi yang diputuskan hubungan kerja sebelum saatnya tanpa ganti rugi apapun, apabila dinilai mempunyai kondite yang kruang baik atau merugikan nama baik Yayasan oleh pihak kesatu.

Demikian isi perjanjian kerja yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak. Perjanjian ini mulai berlaku sejak tanggal di akhir tahun ajran 2016/ 2017.


Semarang, ……......... 2016
Pihak kesatu,
Pihak kedua,


Drs. Marto Hadi
( ………………..)


Diberdayakan oleh Blogger.