Selasa, 05 Desember 2017

Pengertian Verba Pewarta dan Verba Transitif beserta Contohnya

Pengertian Verba Pewarta dan Verba Transitif beserta Contohnya

Kata verba dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kata kerja. Kata kerja atau verba ini ada banyak macamnya. Dua di antaranya adalah verba pewarta dan verba transitif. Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai kedua bentuk verba ini, dan ditambah dengan contoh kata verbanya agar bisa lebih jelas.

Pengertian Verba

Agar lebih jelas, mari kita membahas apa pengertian verba terlebih dahulu. Verba merupakan kelas kata yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan, pengalaman, keberadaan, atau pengertian lain yang sifatnya dinamis. Biasanya, jenis kata ini berperan sebagai predikat dalam suatu frasa atau kalimat.

Pengertian verba menurut KBBI sendiri adalah kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan (kata kerja).

Pengertian Verba Pewarta

Sedangkan pengertian verba pewarta adalah suatu kata yang digunakan untuk mengindikasikan adanya percakapan. Verba pewarta menjadi salah satu ciri kebahasaan yang ada di dalam suatu teks berita. Jadi, untuk bisa lebih memahami bagaimana contoh verba pewarta ini digunakan, kita bisa merujuk pada contoh teks berita.

Pengertian Verba Transitif

Adapun pengertian verba transitif adalah verba yang membutuhkan adanya dua nomina di dalam kalimat aktif, di mana satu sebagai subjek dan satu lagi sebagai objek. Objek dalam hal ini dapat berfungsi sebagai subjek jika digunakan di dalam kalimat pasif.

Contoh Verba Pewarta

Nah, berikut ini kita akan melihat beberapa contoh verba pewarta yang telah lengkapi dengan kalimat agar bisa lebih mudah untuk dipahami.

Mengatakan : Dalam tayangan televisi BBC, Sekjen PBB mengatakan bahwa Putaran Doha yang dilakukan di Bali akan menjadi momentum penting yang menghasilkan paket kebijakan Bali.

Memaparkan : Presiden memaparkan mengenai strategi untuk menguatkan nilai rupiah terhadap dollar.

Memberitakan : Berbagai media lokal dan asing memberitakan tentang peristiwa bencana alam dahsyat yang terjadi di Aceh.

Contoh Verba Transitif

Akan memulai : Sejumlah pejabat tinggi dari berbagai negara, Senin (9/12), akan memulai pertemuan untuk menghasilkan kerjasama internasional di bidang ekonomi.

Menuduh, membeli :  Negara -negara di sekitaran Laut Cina Selatan menuduh adanya upaya penguasaan terhadap Laut Cina Selatan dengan cara membeli pulau –pulau kecil di sekitarnya, dan mengembangkannya secara ekonomi.