Senin, 11 September 2017

Apa Beda Tenses dan Grammar?

Ketika kita mulai belajar bahasa Inggris, maka kita akan sering mendengar istilah tenses dan juga grammar. Apakah keduanya sama? Hmm, sama sekali tidak. Pada dasarnya, tenses dan grammar itu berbeda. Lalu, apa bedanya tenses dan grammar?
Tidak sedikit orang yang bingung mengenai apa beda tenses dan grammar. Bahkan, ada juga yang menganggap tenses itu sama dengan grammar. Bahwa materi pembelajaran pada tenses dan grammar itu ya sama saja. Jadi, kenapa harus bingung memilih mana yang harus dipelajari lebih dulu?
Padahal, keduanya itu sebetulnya sama sekali berbeda loh. Lalu, apa bedanya. Mari kita ulas gambaran umum keduanya ya.
Beda Tenses dan Grammar

Apa itu Grammar?

Grammar merupakan tata bahasa dan sistem kebahasaan secara umum yang umumnya terdiri dari materi tata cara pembentuk kalimat dan kata. Dalam grammar, dipelajari mengenai keseluruhan tata bahasa yang dikenal dalam ejaan bahasa Inggris.
Jadi, dipelajari pula mengenai alphabet, vocabulary, word order, phonetic symbol, part of speech, termasuk tenses, dan sebagainya. Dari sini, tentunya kita bisa mendapat gambaran bahwa grammar cakupannya cukup luas ya. Bahkan, jelas lebih luas dari tenses karena tenses sendiri termasuk dalam materi pembelajaran grammar.

Apa itu Tenses?

Adapun tenses memiliki arti waktu atau masa. Sederhananya, tenses adalah sautu pola atau struktur yang membentuk kalimat, serta tersusun berdasarkan pada waktu terjadinya suatu peristiwa.
Di dalam tenses, hal paling utama untuk diperhatikan adalah bagian kata kerja atau verb. Verb adalah bagian yang selalu berubah di dalam tenses menurut pada waktu terjadinya peristiwa.
Sebagai contoh, untuk Verb 1 merupakan bentuk kata kerja yang khusus digunakan untuk menunjukkan suatu aksi atau situasi, yang berlangsung pada waktu sekarang (present). Sedangkan Verb 2 digunakan untuk menunjukkan suatu aksi atau situasi yang berlangsung pada waktu lampau atau telah lalu (past). Adapun Verb 3 menunjukkan suatu aksi atau situasi yang sudah dimulai pada masa lampau, akan tetapi masih berlanjut atau sudah selesai dan masih bisa dirasakan dampaknya pada waktu sekarang (Perfect).
 Lalu ada juga Verb-ing yang merupakan kata kerja yang menunjukkan aksi atau situasi yang tengah terjadi pada saat sekarang, tepatnya saat sedang berbicara (Progressive). Seperti itulah kira -kira gambaran tenses.

Jadi, sudah tahu bukan apa beda grammar dan tenses? Pada dasarnya, keduanya tidaklah sama. Tenses merupakan struktur pembentuk kalima dan merupakan salah satu bagian yang dipelajari dalam grammar, sedangkan grammar adalah bagian pembelajaran bahasa Inggris yang berisi materi kebahasaan dengan cakupan jauh lebih luas dari pada tenses

-- Materi Pelajaran --
Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info

Loading...