Senin, 19 Juni 2017

Pengertian Demokrasi, Ciri, dan Macam-macam

PENGERTIAN DEMOKRASI

Demokrasi merupakan perwujudan dari sistem pemerintahan yang didalamnya terdapat hak yang sama yang dimiliki oleh warga negaranya, baik dalam mengambil keputusan untuk mengubah tatanan kehidupan. Dengan kata lain demokrasi ini merupakan kekuasaan tertinggi dari  rakyat  dengan slogannya “ dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.”  Menurut Abraham Lincoln.

Terdapat banyak pengertian tentang demokrasi yang kita ketahui, secara mendasar  kata Demokrasi terdiri dari 2 kata yakni “demos“  dan ”kratos“ yang berasal dari bahasa yunani, kata demos memiliki makna rakyat,  sedangkan kata kratos memiliki makna pemerintahan, keduannya bisa disimpulkan bahwa secara umum  demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan dimana rakyatlah yang memiliki kekuasaan tertinggi.

Pengertian Demokrasi, Ciri, dan Macam-macam

Untuk menambah wawasan mengenai demokrasi dibahwa ini  terdapat beberapa pengertian dari demokrasi menurut para ahli, antara lain:
  1. Abraham Lincoln, sebelumnya diatas sudah disinggung bahwa pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln adalah : “ dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.”
  2. Sidney Hook, yang mengungkapkan bahwa demokrasi merupakan pemerintahan dimana kepentingan manyoritas dengan berdasarkan hak yang akan diberikan kepada seluruh rakyat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan secara langsung ataupun tidak langsung.
  3. Aristoteles,  mengatakan bahwa demokrasi merupakan kebebasan untuk seluruh warga negara dalam pembagian kekuasaan, dengan kata lain setiap warga negara setara dalam jumlah, yakni jika terdapat satu individu, dalam sistem demokrasi tidak terdapat penilaian tentang tingginya nilai individu tersebut, karena setiap warga negara sama.
  4. Samuel Hutington, berpendapat bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan dimana para pemegang kekuasaan di negara tersebut melakukan pemilihan secara umum, adil, dan jujur. Dengan kata lain rakyat yang berpartisipasi boleh melakukan persaingan secara sehat, dan seluruh rakyat memiliki hak yang sama dalam proses pemilihan.


CIRI - CIRI PEMERINTAHAN DALAM DEMOKRASI

Dalam pelakasanaannya sebuah pemerintahan yang didasari oleh sistem demokrasi dengan yang tidak didasari oleh sistem demokrasi sangatlah berbeda, maka dibawah ini adalah ciri-ciri dari sebuah pemerintahan yang didasari oleh sistem demokrasi sebagai berikut :
  1. Kehendak dan kepentingan warga negara merupakan acuan dari pemerintahan tersebut.
  2. Terdapatnya ciri konstitusional yang berhubungan dengan kepentingan, kekuasaan, dan kehendak warga negaranya secara menyeluruh diwujudkan dalam konstitusi dan undang-undang negara tersebut.
  3. Terdapatnya ciri kekuasaan dimana adanya pembagian dan pemisahan kekuasaan serta hak otonomi.
  4. Terdapatnya ciri pemilihan umum, dengan dilaksanakannya praktik politik dalam memilih pihak untuk pemerintahan.
  5. Terdapatnya ciri kepartaian, dalam negara demokrasi partai merupakan sarana untuk memperlancar pelaksanaan sistem demokrasi.
  6. Terdapatnya ciri tanggung jawab, dalam kasus ini adanya partisipasi rakyat yang telah dipilih agar bertanggung jawab dalam pelaksanaan sistem demokrasi.
  7. Terdapatnya ciri perwakilan, dalam pelaksanaannya untuk mempermudah penyaluran aspirasi maka kedaulatan rakyat harus diwakilkan oleh beberapa orang yang terpilih dari rakyat itu sendiri.


MACAM - MACAM DEMOKRASI

Dalam kenyataannya demokrasi yang diterapkan dimasing-masing negara memang berbeda-beda tergantung dari pedoman yang dianut oleh negara tersebut, berikut macam-macam demokrasi yang dibagi berdasarkan beberapa kategori.

1. Demokrasi berdasarkan proses penyaluran aspirasi rakyat.
a. Demokrasi Langsung atau Direct Democracy
Demokrasi ini melibatkan partisipasi rakyat secara langsung untuk mengambil keputusan dalam suatu negara. Contohnya partisipasi rakyat dalam menyampaikan pendapat secara langsung dalam rapat dan partisipasi rakyat dalam mengikuti pemilihan umum.

b. Demokrasi Tidak Langsung atau Indirect Democracy
Sistem demokrasi tersebut membebaskan rakyatnya untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan negara, akan tetapi dilakaksanakan secara tidak langsung dengan kata lain dalam kumpulan rakyat harus mengirimkan wakil yang dipercya untuk dijadikan sebagai sarana seluruh rakyat untuk menyampaikan aspirasi rakyat.

2. Demokrasi berdasarkan Prinsip Ideologi
a. Demokrasi Liberal atau Demokrasi Konstitusi
Demokrasi Liberal ini cenderung bersifat individual karena keputusan yang diambil hanya berdasarkan hak individu suatu warga negara. Dengan kata lain kekuasaan tertinggi dipegang oleh individu itu sendiri, bahkan pemerintah tidak memiliki wewenang untuk ikut campur mengurus kehidupan bermasyarakat dalam kasus ini pemerintah memiliki kekuasaan yang terbatas. Bahkan demokrasi ini dalam sistem pemerintahanya hanya dibatasi oleh konstitusi saja.

b. Demokrasi Komunis
Dalam pelaksanaan sistem demokrasi ini pemerintah lebih mendominasi dan memegang kekuasaan tertinggi. Demokrasi ini berbanding terbalik dengan demokrasi liberal karena demokrasi komunis ini pemerintah memiliki kekuasaan yang tidak terbatas dalam mengatur  kehidupan bermasyarakat. Kekuasaan pemerintah dalam demokrasi komunis ini bersifat totaliter sehingga keputusan pemerintah tidak bisa digugat dan dibantah oleh hak individu.

c. Demokrasi Pancasila
Sistem demokrasi ini bisa menjadi penengah bagi negara yang tidak menganut sistem demokrasi liberal dan komunis, karena demokrasi ini tidak mementingkan kepentingan individu ataupun memberikan kekuasaan sepenuhnya kepada pemerintah.

Salah satu negara yang menggunakan demokrasi pancasila adalah Indonesia, demokrasi ini didasari oleh nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

3. Demokrasi berdasarkan Tingkat Fokus Perhatiannya
a. Demokrasi Formal
Demokrasi ini dalam pelaksanaannya lebih cenderung fokus terhadap dunia politik tanpa mengurangi kesenjangan ekonomi.

b. Demokrasi Material 
Demokrasi Material terfokus terhadap perkembangan bidang ekonomi tanpa menimbulkan kesenjangan politik.

c. Demokrasi Gabungan
Demokrasi ini merupakan perpaduan antara demokrasi formal dan Material yakni fokus terhadap bidang politik dan ekonomi secara seimbang. Indonesia juga menggunakan sistem demokrasi gabungan ini.

PRINSIP - PRINSIP DALAM DEMOKRASI 

Dalam pelaksanaannya demokrasi memiliki beberapa prinsip yang menjadi pedomannya untuk dilaksanakan oleh seluruh rakyat yang berpartisipasi, yakni:
  1. Kedudukan yang setara bagi setiap warga negara, dengan artian bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam pelaksanaan politik.
  2. Terdapatnya partisipasi oleh warga negara dalam mengambil keputusan politik.
  3. Adanya kebebasan yang diterima, diakui, dan dipakai oleh setiap warga neagara.


KEKURANGAN DAN KELEBIHAN SISTEM DEMOKRASI

Tentunya sesuatu yang ada dan diterapkan untuk kepentingan orang banyak akan memiliki 2 penilaian setelah dilaksanakan yaitu kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan sistem demokrasi yang memiliki kekurangan dan kelebihan antara lain sebagai berikut :

Kekurangan Sistem Demokrasi
  1. Beberapa ahli beranggapan bahwa kesetaraan hak dianggap tidak adil karena setiap individu memiliki pengetahuan yang berbeda dibidang politik.
  2. Adanya Pemilihan Umum yang terus berlanjut dianggap menurunkan fokus pemerintah yang menjabat saat itu, karena mereka beranggapan untuk masalah yang belum selesai dianggap tugas yang harus ditangani oleh pemerintah selanjutnya.
  3. Media memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kepercayaan rakyat.


Kelebihan Sistem Demokrasi
  1. Dengan adanya demokrasi kesetaraan hak bisa membuat rakyat berpartisipasi dalam sistem politik.
  2. Demokrasi dianggap bisa mencegah adanya monopoli kekuasaan.
  3. Dalam menentukan pemimpin yang akan memegang kekuasaan akan dilaksanakan proses Pemilihan Umum berdasarkan kehendak rakyat secara demokrasi.