Sabtu, 17 Juni 2017

Macam - Macam Metode Sosiologi

Metode Sosiologi Umum
Secara umum metode yang dilakukan untuk melakukan penelitian dalam sosiologi dibedakan menjadi dua kelompok yaitu, metode kualitatif dan kuantitatif.

a. Metode Kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian tetapi cenderung mementingkan sesuatu yang sulit atau tidak bisa diukur secara akurat menggunakan angka tetapi pada kenyataannya terjadi dikalangan masyarakat. Dalam pengelompokannya hasil dari penelitian tersebut tidak bisa diterangkan secara sistematis.

b. Metode Kuantitatif adalah metode yang digunakan dalam melakukan penelitian dengan angka yang dijadikan dasar pengkajian menggunakan skala matematis tanpa melakukan penelitian sosiologi untuk menguasai ilmu statistik yang tinggi. 

Metode kuantitatif menggunakan layaknya tabel, diagram,  grafik, serta uji statistik.  Metode ini hanya memerlukan ilmu matematis secara sederhana hanya menghitung rata-rata, frekuensi, dan menjabarkan tabel, dll. 

Macam - Macam Metode Sosiologi

Metode Sosiologi Khusus
Menurut Soerjono Soekanto (1986), sosiologi merupakan ilmu untuk menjabarkan dan menyaksikan peristiwa sosial yang terjadi dikalangan masyarakat.  Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah untuk mempertanggung jawabkan hasil ilmiahnya. 

a. Metode Statistik merupakan petunjuk suatu hubungan atau pengaruh suatu kualitas, serta memperkecil prasangka individu dari sebuah pihak.
Contoh dari metode statistik : menggunakan tabel untuk melakukan penelitian untuk mendapatkan hasil kuantitatif.

b. Metode studi kasus merupakan sarana untuk melakukan penelitian mengenai kebenaran peristiwa. Metode ini melalui beberapa tahap seperti mengamati individu, kelompok, dan kondisi. Metode ini memerlukan wawancara, quisioner, serta teknik dalam keterlibatan peneliti dalam masalah.

c. Metode studi pustaka merupakan metode dalam pengumpulan datanya memerlukan bantuan berbagai buku literatur yang tentunya tidak membutuhkan biaya besar dalam melakukan penelitian hanya memanfaatkan adanya perpustakaan dengan cara mencari topik yang sesuai dengan apa yang akan dibahas.

d. Metode survei lapangan, metode ini menerapkan secara turun dan langsung mengarah kelingkungan masyarakat untuk mengumpulkan data akurat.

e. Metode Eksperimen merupakan  metode untuk membandingkan suatu hasil percobaan dalam dua kelompok. Salah satu kelompok berperan sebagai eksperimen dan yang lainnya menjadi kontrol.

f. Metode empiris dan rasionalistis
Empiris: metode dengan fakta sebagai dasar untuk mengumpulkan data.
Rasionalistis: metode dengan logika atau akal sehat sebagai dasar pengumpulan data peninjauan mengenai masalah dalam bermasyarakat.

g. Metode Deduktif merupakan metode untuk mempelajari sesuatu yang bersifat umum agar menghasilkan kesimpulan secara khusus.

h. Metode Induktif merupakan metode untuk mempelajari sesuatu yang bersifat khusus agar menghasilkan kesimpulan secara universal.

i. Metode fungsionalisme merupakan metode untuk mengukur nilai fungsi suatu lembaga masyarakat serta struktur sosial masyarakat.

j. Metode Partisiasi merupakan metode dengan melakukan berbagai penelitian mengenai kelompok tertentu, pada kasus ini peneliti harus berperan aktif dalam kehidupan suatu kelompok yang diamati dengan tujuan memperoleh data.


-- Materi Pelajaran --

Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info

Loading...