Minggu, 04 Desember 2016

Contoh Kata Pengantar Skripsi dengan Gaya Resmi



Ketika selesai mengerjakan skripsi, maka akan ada satu tugas lagi yang masih harus kita lakukan, yakni menulis kelengkapan atribut skripsi tersebut, termasuk di antaranya adalah kata pengantar. Meski sederhana, tapi kata pengantar skripsi adalah hal yang wajib ada dalam setiap laporan penulisan skripsi.


Pasti kamu tidak pernah melihat skripsi yang diterbitkan tanpa kata pengantar bukan? Ini karena kata pengantar memang menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam skripsi. Kebanyakan mahasiswa menganggap bahwa menulis kata pengantar adalah hal yang sepele dan mudah dilakukan.

Padahal, tahukah kamu bahwa ada juga yang mahasiswa yang harus revisi kata pengantar setelah ujian pendadaran selesai dilakukan. Ya, meski sepele, tapi kata pengantar tidak bisa ditulis dengan cara sembarangan. Ada yang berpikir kalau kata pengantar ini bisa ditulis dengan gaya yang bebas alias gaya bahasa yang lebih puitis dan dengan bumbu -bumbu majas hiperbola.

Padahal, menulis kata pengantar dengan gaya bahasa seperti itu menurut kaidah akademis bukanlah kata pengantar yang benar. Sebagai tulisan ilmiah, skripsi secara keseluruhan juga harus ditulis dengan kaidah baku dan bahasa akademis yang sesuai. Kebanyakan dosen dan universitas akan meminta kata pengantar yang ditulis dengan gaya resmi.

Meski demikian, ada juga beberapa kampus atau dosen yang mengizinkan penulisan kata pengantar dengan bahasa yang lebih santai atau informal. Tapi, hal ini perlu dikonfirmasikan dahulu dengan dosen pembimbing atau penguji apakah memang diperkenankan atau tidak. Jika tidak, lebih amannya tetap menggunakan kata pengantar dengan bahasa resmi.

Dalam menulis kata pengantar, sebaiknya juga hanya menyajikan poin -poin penting dan utama saja yang terkait dengan penulisan skripsi dan isinya. Jangan sampai melenceng dan menyampaikan hal -hal yang terlalu bertele -tele sehingga membuat halaman kata pengantar jadi super panjang.

Beberapa poin yang penting untuk disampaikan dalam kata pengantar skripsi adalah : ucapan syukur atas selesainya skripsi, judul skripsi, alasan singkat atas ketertarikan dengan tema skripsi, manfaat skripsi dan bila perlu daya tarik dari skripsi yang ditulis.

Nah, agar lebih jelas, berikut ada contoh kata pengantar skripsi yang ditulis dengan gaya resmi, yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Kata Pengantar Skripsi


Puji syukur penulis haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas anugerah dan petunjuk-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pengaruh Kebijakan One China Policy terhadap Nilai Perdagangan Cina Indonesia”. Skripsi ini dibuat sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ilmu Hubungan Internasioanl (S.Hub.Int) dari Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Bangsa.

One China Policy merupakan kebijakan Cina yang menarik. Cina menjadi negara sosialis yang berani menerapkan perdagangan bebas dan mengadopsi sistem kapitalis dalam perdagangannya. Dengan kebijakan tersebut, relasi perdagangan antara Cina dengan negara lain, termasuk Indonesia sangat mungkin untuk mengalami peningkatan.

Untuk itu, penulis berusaha melakukan analisa dengan membandingkan nilai perdagangan yang dilakukan antara Cinta dan Indonesia setiap tahunnya. Penulis berharap agar tulisan ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan mengenai kebijakan perdagangan dan politik di Cina serta keterkaitannya dengan hubungan internasional.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam penelitian dan penyusunan laporan penelitian ini, baik langsung maupun tidak langsung. Secara khusus penulis berterimakasih kepada:
1. Ibuku dan keluargaku yang selalu memberi nasihat dan menyemangati untuk menyelesaikan penulisan penelitian ini.
2. Kedutaan Besar Indonesia yang telah memberikan beasiswa studi dan penelitian kepada penulis selama 4 tahun. Terima kasih atas dukungan yang diberikan sehingga penulis dapat menyelesaikan hingga semester 8 tanpa terganjal masalah finansial.
3. Ibu Marwah Saudi dan Bapak Yoga Prayogi selaku pembimbing. Terima kasih karena kesabaran ibu dan bapak membimbing dan mengarahkan penulis selama penyusunan laporan penelitian.
4. Rektor, Bapak dan Ibu dosen serta staf karyawan Progdi HI maupun Universitas Nusa Bangsa, yang turut berkonstribusi atas kesuksesan penyusunan laporan penelitian ini.

Akhir kata, penulis memohon maaf apabila terdapat ketidaksempurnaan dalam skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat menjadi bahan kajian yang bermanfaat dan bisa dikembangkan lagi untuk ranah keilmuan yang lebih baik. Terima kasih.
Surakarta, 2 Desember 2016
Ttd

Penulis

-- Materi Pelajaran --
Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info