Memahami Pengertian Birokrasi




Dalam dunia perpolitikan, kata birokrasi menjadi kata yang cukup akrab untuk diperbincangkan. Birokrasi menjadi sebuah kosakata penting yang berkaitan erat dengan tata kelola pemerintahan dan perpolitikan, baik dari tingkat mikro hingga makro. Lantas, apa pengertian birokrasi?


Pengertian birokrasi

Arti birokrasi bisa dipahami dengan jalan memahami artinya secara kebahasaan atau etimologi. Menurut Kamus Itilah Politik Kotemporer, secara etimologi, birkorasi berasal dari dua kata, yakni kata “biro” atau “bureau”, dan “krasi” atau “cracy” atau “kratie”. Biro berarti kantor atau dinas, sedangkan krasi berarti pemerintahan.

Dari pengertian birokrasi secara etimologi ini, dapat dipahami bahwa birokrasi adalah kantor dinas pemerintahan. Namun, arti ini dapat diperdalam lagi secara terminology.

Birokrasi secara lebih mendalam dapat dipahami sebagai suatu sistem kepemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah yang sangat terikat pada aturan sehingga membuat urusan jadi lebih panjang karena harus melalui jenjang atau jabatan -jabatan penguasa.

Sederhananya, birokrasi adalah sistem tata urusan kepemerintahan. Ketika kita berurusan dengan tata kelola pemerintahan, maka ada aturan yang baku dan mengikat yang harus dilalui. Aturan -aturan ini membuat suatu proses dalam kepemerintahan jadi lebih panjang dan lambat. 

Meski demikian, aturan -aturan ini secara normatif dibuat untuk membuat jalannya kepemerintahan jadi lebih tertata dan terhindar dari bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Meski kenyataannya, birokrasi yang dijalankan saat ini masih kerap bisa diselubungi dengan tindak KKN lantaran para birokratnya yang memberi peluang dan karena orang -orang yang berurusan dengan birokrasi menginginkan jalan pintas yang lebih mudah.

Apa itu birokrat?

Dalam istilah birokrasi, birokrat juga menjadi kosakata yang selalu menyertai. Birokrat adalah orang atau pegawai yang bekerja di instansi pemerintahan dan bertindak secara birokrasi atau sistem kepemerintahan yang mengikat tersebut.

Apa itu birokratis?

Selain itu, ada pula kosakata birokratis yang juga perlu dipahami. Birokratis dalam konteks ini adalah sistem pelayanan pemerintahan yang cenderung bersifat mengikat dan statis. Kebanyakan lebih berpendapat bahwa sikap birokratis ini cenderung lambat karena adanya aturan yang begitu banyak untuk dipatuhi.

Apa itu birokratik otoritarian?

Birokratik otoritarian adalah suatu kondisi di mana terjadi konsentrasi kekuasaan dan partisipasi di dalam pembuatan keputusan -keputusan politik nasional yang hampir seluruhnya bertumpu pada tangan penguasa negara saja, beserta kelompok -kelompok militer dan kelompok teknokrati atau pun cendekiawan.

Intinya, birkorasi dalam model otoritarian cenderung meletakkan kekuasaan secara besar bahkan mutlak terhadap pihak penguasa beserta pihak -pihak yang ada di sekitarnya yang berkepentingan.


Diberdayakan oleh Blogger.