Profil Negara Brasil




Nama resmi negara Brasil yaitu Republica Federativa do Brazil. Ibu kota negara Brasil, yaitu Brazilia city. Lagu kebangsaan negara Brasil yaitu Ouviram do Ypiranga as Margens Placidas artinya dengarlah tangisnya iparanga.


Semboyan yang dimiliki negara Brasil yaitu Ordem e Progresso yaitu orde dan kemajuan. Luas negara Brasil yaitu 8.511.965 km2. Negara Brasil menjadi negara yang terluas di Amerika Selatan.

Batas – batas wilayah negara Brazil, yaitu sebagai berikut
1.      Sebelah selatan berbatasan dengan Uruguay, Paraguay, dan Argentina.
2.      Sebelah barat berbatasan dengan Bolivia dan Peru
3.      Sebelah utara berbatasan dengan Venezuela, Guyana Inggris, Guyana Belanda atau Suriname, Guyana Perancis, Samudera Atlantik, dan Kolombia
4.      Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Kolombia

Wilayah Brazil di dominasi oleh dua penampakan utama, yaitu Sungai Amazon dengan basin atau cekungan tanah rendah seluas 4.000.000 km2 dan tanah tinggi bagian tengah, yaitu berupa sebuah plato yang naik ke arah selatan. Brasil juga memiliki puncak gunung tertinggi yang bernama Gunung Nebila yang terletak diperbatasan Venezuela. Brazil bagian utara memiliki iklim tropik yang mebuat Brazil dijatuhi hujan baik puncak atau hujan zenithal.

Wilayah tersebut dapat mencapai suhu terendah hingga 190 C terutama di Kota Sao Paulo da Belo Horizonte. Brazil dibagian selatan beriklim subtropis, tepatnya di kota Rio de Janeiro, Recife, dan Salvador. Pada musim dingin, suhu didaerah ini dapat turun sampau di bawah dinginnya es.

Bagian terpanas dari Brazil yaitu daerah Timur laut dan selama musim kering antara bulan Mei dan November suhunya lebih dari 380 C. Curah hujan terbanyak di Brazil terdapat di sekitar muara sungai Amazon, dekat kota Balem. Curah hujan yang tinggi, dijumpai di sepanjang tepi jurang besar di Sao Paulo.

Curah hujan sedang, biasanya terjadi pada bulan Desember hinga April. Brazil memiliki musim dingin yang cenderung kering dan bagian terkering adalah di daerah timur laut. Daerah timur laut ini juga disebut sebagai polygon of drought.

Hutan hujan tropik atau selvas, dapat dijumpai di lembah Amazon dan tempat – tempat di sepanjang pantai Atlantik, di mana curah hujannya cukup tinggi.hutan hujan tropis banyak memiliki pohon – pohon yang berdaun lebar yang tumbuh dengan rimbun. Di dataran rendah dan dataran tinggi pantai timur ditumbuhi pohon yang lebih kecil dari hutan hujan tropik dan daun – daunnya akan berguguran di musim kering.

Di wilayah timur laut Semiarid dikuasai oleh semak belukar kering. Bagian terbesar di wilayah tengah Brazil ditutup oleh sabana tropic yang dikenal dengan nama champos atau ilanos. Dibagian selatan terdapat hutan berdaun jarum dan padang rumput.

Brazil juga memiliki tanah rawa Mato Grosso atau Pantanal Mato-grossense yang merupakan sebuah dataran dengan luas mencapai 230.000 km2. Brazil memiliki sekitar 600 spesies yang meliputi bermacam – macam keluarga kucing. Ada jaguar dan jenis kucing – kucing yang lebih kecil, antara lain puma, jaguar undi, dan ocelat.


Brazil juga memiliki hewan memamah biak, antara lain antenter, tapir, sloth, armandillo, dolphin laut, capybaras yaitu binatang menggerit di air yang berukuran besar dan ada yang beratnya hingga 66 kg serta kera. Brazil juga memiliki banyak jenis burung, 40 spesies kura – kura, 331 spesies ampibi, 120 kadal, 230 ular, 5 spesies buaya, dan 1500 spesies ikan air tawar. Ahli ilmuwan hewan menemukan bahwa Brazil memiliki 100.000 invertebrata atau binatang bertulang belakang serta 70.000 jenis serangga. 


Diberdayakan oleh Blogger.