Profil Negara Belanda



Belanda disebut juga sebagai negara yang rendah. Dinamakan negara rendah sebab hampir seperempat wilayah negara ini pada kenyataannya di bawah permukaan laut.orang Belanda sebagian besar merupakan keturunan dari orang Jerman yang telah menetap di negara tersebut.


Luas wilayah Belanda yaitu 41.160 km2 dengan letak astronomis 500 Lintang Utara – 530 Lintang Utara dan 30 Bujur Timur – 70 Bujur Timur. Batas – batas wilayah Belanda, yaitu sebagai berikut.
1.      Sebelah selatan berbatasan dengan Belgia
2.      Sebelah timur berbatasa dengan Jerman
3.      Sebelah utara berbatasan dengan Laut Utara
4.      Sebelah barat berbatasam dengan Laut Utara

Daerah yang padat penduduknya di Belanda yaitu kawasan Randstad yang terdiri dari Holland Utara, Holland Selatan, dan Utrecht. Jumlah penduduk Belanda, pada tahun 2002 mencapai 16,1 juta jiwa dengan rata –rata pertumbuhan penduduk 0,6% per tahun. Angka harapan hidup di Belanda mencapai 78,3 tahun, namun 10,5 % dari jumlah penduduk dewasa di Belanda, tidak memiliki keterampilan membaca dan menulis.

Wilayah diBelanda dapat dibagi menjadi tiga, yaitu daerah bukit pasir sempit yang membentang di sepanjang pantai Laut Utara, dataran rendah barat, dana dataran tinggi timur yang sedikit lebih tinggi. Belanda memiliki banyak sungai dan kanal, sehingga membuat Belanda menjadi negara dengan salah satu jaringan saluran air terpadat di dunia.

Suhu musim panas rata – rata sekitar 170 C. Sedangkan suhu musim dingin sekitar 10C. Hujan sering terjadi di Belanda dan curah hujan yang turun sekitar 760milimeter sepanjang tahun.

Bahasa utama Belanda merupakan bahasa Belanda. Bahasa Belanda pertama kali diucapkan oleh kaum Frank. Kaum Frank merupakan orang – orang Jerman yang berimigrasi dari Timur dan menetap disana  pada tahun 300 – an.

Bahasa Belanda berhubungan dengan bahasa Jerman dan Inggris modern. Di provinsi utara Friesland, bahasa Frisian diterima sebagai bahasa resmi bersama dengan bahasa Belanda standar. Bahasa Frisian merupakan bahasa jermanik yang paling dekat dengan bahasa Inggris.

Agama yang dianut orang Belanda, rata – rata Katolik roma dan Protestan. Di Belanda kebebasan dalam memeluk agama atau beribadah, telah dijamin dalam konstitusi. Usia wajib untuk anak – anak di Belanda bersekolah yaitu 4 – 16 tahun.

Universitas tertua di Belanda yaitu Leiden University, yang telah didirikan sejak tahun 1575. Pendapatan perkapita dari penduduk Belanda pada tahun 2002 mencapai 29,100 US$. Pengembangan pertanian yang sangat menonjol di Belanda yaitu pertanian intensif.

Pengembangan pertanian intensif didorong oleh:
1.      Bahan makanan yang mudah dipasarkan
2.      Murahnya bahan makanan ternak
3.      Tanah yang subur, iklim yang baik, dan persediaan air yang cukup

Daerah Randstad merupakan daerah peternakan yang penting dan merupakan daerah padang rumput yang digunakan sebagai sumber utama makanan ternak, namun hanya dapat digunakan pada akhir bulan April sampai November. Usaha peternakan penduduk Belanda yaitu mentega, keju, dan susu. Edam dan Gouda merupkan tempat pembuatan keju yang terkenal.

Jalur daerah industri di Belanda dibedakan menjadi dua jalur, yaitu Zone Amsterdam – Laut Utara dan Zone Rotterdam – Europort. Belanda merupakan negara yang maju dalam bidang IPTEK dan kesenian. Belanda juga melakukan kerjasama dengan Indonesia, antara lain.
1.      Kerjasama dibidang ekspor – impor
2.      Pertukaran pelajar dan mahasiswa serta para cendikiawan
3.      Kerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan wilayah Indonesia
4.      Investasi modal dalam bidang pertambangan, peternakan, perindustrian, pelayaran, dan penerbangan.

5.      Pertukaran kesenian antardua negara


Diberdayakan oleh Blogger.