Profil Benua Australia



Benua Australia sebagai salah satu benua yang ada di dunia, memiliki luas wilayah 8.945.000 km2 dan secara astronomi terletak diantara 1130 Bujur Timur – 1550 Bujur Timur dan 100 Lintang Selatan – 430 Lintang Selatan. Benua Australia memiliki lebar wilayah ±3.200 km. Batas – batas wilayah Benua Australia, yaitu:


1.      Sebelah timur berbatasa dengan Samudera Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral
2.      Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia
3.      Sebelah utara berbatasa dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres
4.      Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Bnetuk pemerintahan Benua Australia yaitu Monarki Konstitusional dan bentuk negaranya adalah federasi. Kepala negaranya dipimpin oleh Raja atau Ratu Inggris dan diwakili oleh Gubernur Jenderal. Kepala pemerintahan dipimpin oleh Perdana Menteri.

Gunung – gunung yang ada di Benua Australia antara lain Gunung Ziel, Gunung Round, Gunung Brockman, dan Gunung Kosciusko. Pegunungan yang ada di Benua Australia, yaitu Pegunungan Pemisah Besar yang membujur di Australia bagian Timur, Pegunungan Hamersley di Australia Barat, dan Pegunungan Mc.Donal di Australia Utara. Autralia juga memiliki beberapa gurun besar, antara lain Gurun Gibson di Australia Barat, Gurun Victoria yang membentang di Australia Barat hingga Australia Selatan, Gurun Tanami di Australia Utara, dan Gurun Pasir Besar di Australia Barat.

Flora yang ada di Benua Australia, antara lain hutan, sabana, dan stepa. Fauna yang hidup di Benua Australia, antara lain Tikus berkatun, kangguru, burung unta, koala, dan platipus. Penduduk asli yang mendiami Benua Australia yaitu suku Aborigin dan penduduk pendatang di Australia yaitu orang Eropa terutama Inggris.

Iklim di Benua Australia, berdasarkan garis lintangnya, dibagi menjadi 3 wilayah iklim, yaitu sebagai berikut.
1.      Iklim subtropis, yang terletak pada 230 Lintang Selatan – 350 Lintang Selatan dapat dijumpai di wilayah Australia bagian Selatan.
2.      Iklim sedang, yang terletak pada 350 Lintang Selatan – 440 Lintang Selatan, dapat dijumpai di selatan Victoria dan Tasmania.
3.      Iklim tropis, yang terletak pada 100 Lintang Selatan – 230 Lintang Selatan dapat dijumpai di Australia bagian utara.

Dalam bidang pertanian Benua Australia menghasilkan anggur, buah – buahan, padi, dan gandum. Selain itu, Australia menempati peringkat ketujuh dalam penghasil gula di dunia dan peringkat tiga sebagai pengekspor gula terbesar di dunia. Usaha peternakan di Australia meliputi Domba dan Sapi dan hasil pertambangan di Benua Australia, meliputi bijih besi, emas, bauksit dan alumunium, gas alam, minyak, batu bara, dan uranium.

Karakteristik yang dimiliki oleh Benua Australia, yaitu sebagai berikut.
1.      Benua yang hanya ditempati oleh satu negara
2.      Terdapat deretan pulau karang yang terbesar di dunia yaitu The Great Barrier Reef di perairan sebelah timur Australia
3.      Terdapat penduduk asli Aborigin yang mempunyai senjata khas yaitu bumerang.
4.      Merupakan benua yang terkecil di dunia
5.      Seleuruh wilayahnya terdapat di belahan bumi selatan
6.      Terdapat batu granit yang terbesar di dunia yaitu Ayers Rock
7.      Banyak memiliki jenis hewan yang berkantung, seperti kanguru.

Benua Australia dibagi menjadi enam negara bagian dan dua wilayah teritorial, yaitu sebagai berikut.
1.      Queensland beribukota di Brisbane
2.      Australia selatan beribukota di Adelaide
3.      Tasmania beribukota di Hobart
4.      New South Walles beribukota di Sydney
5.      Australia barat beribukota di Perth
6.      Victoria beribukota di Melborne
7.      Teritorial ibukota Australia beribukota di Canbeera
8.      Teritorial Utara atau Australia Utara beribukota di Darwin

Referensi:
http://www.zonasiswa.com/2015/02/benua-australia-keadaan-alam-penduduk.html
http://www.adelia.web.id/geografis-benua-australia/


Diberdayakan oleh Blogger.