Cara Memotong Video dengan Windows Movie Maker



Ketika kita berbicara tentang editing video, orang akan berpikir bahwa ini adalah hal yang sulit. 

Tapi kamu tidak usah khawatir kamu dapat dengan mudah melakukan editing video seperti memberikan efek, memberikan transisi, memotong maupun menggabungkan video dengan mudah melalui software yang satu ini. 

Ya, windows movie maker adalah aplikasi yang memiliki interface yang gampang untuk dipelajari, bagi kamu yang baru memulai untuk melakukan editing video, aplikasi patut untuk kamu coba, selain aplikasi mudah untuk digunakan, ukurannya juga tidak terlalu besar seperti adobe director, pinnacle atau yang lainnya. 

Windows movie maker ini dapat berjalan dengan lancar pada spesifikasi komputer yang rendah sekalipun, jadi buat kamu yang terkendala komputer yang memiliki spesifikasi rendah tidahk usah bingung, kamu bisa menggunakan aplikasi ini.


Oke, untuk permulaan saja saya akan berikan contoh singkat tutorial untuk memotong video. Untuk kamu yang akan meng editvideo, pasti cara ini akan dibutuhkan, biasanya kamu ingin membuang bagian bagian yang tidak penting dalam video yang kamu buat. Oke langsung saja ikuti langkah saya :

1. Buka aplikasi windows movie maker mu, kalau belum punya kamu harus download terlebih dulu dan menginstallnya. Aplikasi ini sangat banyak tersedia di internet, jadi kamu akan dengan mudah untuk mendapatkannya.


2. Klik import media untuk memasukkan video yang ingin kamu potong.


3. Maka akan muncul jendela baru. Kemudian Cari dimana kamu meletakkan video yang ingin kamu potong.


4. Setelah itu klik import.

5. Maka video tersebut akan masuk ke dalam windows movie maker.

6. Drag video kamu ke dalam timeline video seperti pada gambar.


7. Arahkan garis hijau yang berada pada timeline, kamu bisa menariknya ke kanan maupun ke kiri. Letakkan tepat dimana kamu ingin memotongnya.


8. Setelah itu klik tombol split yang ada di bagian kiri, atau kamu bisa juga menggunakan tombol M pada keyboard untuk shortcutnya.


9. Dengan otomatis video kamu sudah terpotong menjadi dua bagian. Kamu bisa mengahapus mana bagian yang tidak perlu dengan meng klik bagian yang tidak perlu, kemudian tekan delete pada keyboard. Untuk preview videonya kamu bisa melihatnya di layar sebelah kanan.


10. Oke sangat mudahkan. Semoga tutorial kali ini bisa membantu kalian semua yang sedang kebingungan untuk memotng video.


Diberdayakan oleh Blogger.