Menggunakan Fungsi Find And Replace Pada Microsoft Word



Apa itu itu find and replace? Dan apa kegunaannya? Pasti kaliyan ada yang belum tau apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya. 

Find dalam bahasa indonesia artinya mencari. Berarti find ini digunakan untuk mencari suatu kata atau data, sedangkan replace artinya mengubah. 

Berarti jika digabungkan find and replace ini adalah suatu  fitur yang disediakan oleh microsoft word untuk mencari suatu kata atau data kemudian menggantiya dengan kata atau data yang baru.

Oke langsung saja kita praktekkan cara menggunakan fitur find and replace ini :

1. Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus menyipakan terlebih dulusebuah kallimat/kumpulan kalimat yang banyak.


2. Untuk memulai menggunakan fitur find and replace kamu bisa mengklik tombol replace pada menu bar.


3. Maka akan muncul jendela baru, seperti gambar dibawah ini.


4. Pada kolom find what kamu isikan kata yang ingin kamu cari untuk diganti. Sedangkan replace with kamu isikan kata yang ingin kamu gantikan, seperti contoh saya diatas, berarti saya mencari kata jumat untuk diganti dengan kata sabtu. 

More digunakan untuk menambahkan style pada kata yang akan digantikan. Jika kamu menginginkannya kamu dapat mengkliknya maka akan muncul editor baru seperti gambar saya dibawah ini.



5. Bisa kamu klik pada tombol format, dan pilih font. Maka akan muncul jendela baru lagi.


6. Kamu bisa memilih style untuk kata yang akan kamu gantikan. Disini  saya menambahkan style bold italic dan ukuran 14.



7. Maka hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini, kata jumat yang ada di lembar kerja akan diganti dengan kata sabtu dengan style font bold italic dan dengan ukuran font 14.


Semoga tutorial kali bermanfaat. Selamat mencoba.


Diberdayakan oleh Blogger.