Membuat Kerajinan Tangan dari Handuk - Boneka Burung

Cara Membuat Boneka Burung dari Handuk - Kreasi Towel Craft


Kerajinan tangan yang memanfaatkan bahan handuk sering disebut sebagai towel craft. Istilah towel craft ini adalah sebuah seni kerajinan tangan unik yang memanfaatkan handuk atau towel yang dibuat dengan cara melipat, menggulung atau menempel sedemikian rupa hingga handuk menjadi tampak menarik, tanpa perlu memotong ataupun merobek handuk.

Jadi, handuk yang kamu buat kerajinan tangan ini bisa tetap tampil cantik, walaupun tanpa dipotong alias masih utuh. Karena masih utuh, handuk kamu bisa digunakan lagi. Umumnya, seni kerajinan tangan dari handuk ini dimanfaatkan untuk membuat souvenir, baik untuk pernikahan mau pun untuk kado. Terkadang, dapat pula digunakan untuk hiasan di hotel atau tempat lain.

Membuat Kerajinan Tangan dari Handuk - Boneka Burung


Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat towel craft
Kamu bisa membuat aneka macam bentuk dari handuk ini. Misalnya saja membuat aneka bentuk hewan lucu. Nah, kali ini kita akan mencoba membuat boneka burung yang imut ya.

Untuk membuat kreasi boneka burung dengan seni Towel Craft, diperlukan beberapa alat dan bahan. Alat dan bahan yang diperlukan sederhana dan sudah sering dimanfaatkan dalam membuat berbagai kerajinan tangan, jadi tidak akan sulit untuk menemukannya.

Bahkan alat dan bahan yang digunakan pun bisa sangat fleksibel. Jika kebetulan tidak ada dan kamu ingin menggantikannya dengan peralatan atau bahan sejenis, tentu tidak akan ada masalah selama masih memiliki fungsi yang sama.

Ini dia alat dan bahan yang perlu kamu siapkan sebelum mulai mempraktekkan kreasi boneka burung lucu dari Towel Craft :

1.      Handuk persegi



2.      Kertas Tissue


3.      Kain Flannel


4.      Ornamen mata boneka


5.      Paku jarum


6.      Jarum


7.      Benang


8.      Gunting atau silet


9.      Pita



10.  Karet rambut


Cara Membuat Boneka Burung dari Handuk
Langkah langkah membuat boneka burung dari handuk cukup mudah. Berikut ada panduan dengan gambar step by step untuk memudahkan kamu dalam mempraktekkannya.

1. Lipat handuk kamu yang berbentuk persegi menjadi dua bagian di garis diagonalnya membentuk segitiga sama besar.


2. Gulung handuk dari sisi yang lebar menuju ke sisi ujung segitiga. Usahakan gulungan rapat.


3. Sisakan sedikit bagian ujung handuk untuk dibuat paruh burung


4. Tekuk gulungan handuk secara simetris, tepat di bagian paruh burung, lalu ikat dengan karet.


5. Tekuk kedua bagian bawah handuk, kanan dan kiri, menuju ke atas agar membentuk seperti sayap, kemudian ikat dengan karet.


6. Tambahkan mata boneka dan riasan pita agar tampak lebih lucu