Memahami Tujuan Segmentasi Pasar, Manfaat dan Kelemahannya




Segmentasi pasar dapat diartikan sebagai suatu strategi perusahaan terkait dengan pemasaran produk yang didasarkan pada argumentasi dengan konsumen atau pembeli. 

Sebagai salah satu strategi pemasaran, segmentasi pasar tidak hanya dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan hanya dengan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi juga didasarkan pada perbedaan minat dan kebutuhan dari konsumen.

Segmentasi pasar dilakukan oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan pemasaran produk secara terarah. Selain itu, segmentasi pasar membantu pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. 


Maksud dan Tujuan Segmentasi Pasar


Suatu perusahaan atau pemasar melakukan segmentasi pasar dengan maksud dan tujuan tertentu. Berikut ini adalah maksud dan tujuan segmentasi pasar :

a. Pasar lebih mudah dibedakan
Pada dasarnya, selera dan jenis produk yang diinginkan oleh konsumen sangatlah beragam dan juga selalu berkembang. Keberagaman dan perkembangan ini lah yang mungkin tidak dapat dipenuhi oleh suatu perusahaan. Karenanya, akan lebih baik bila perusahaan dapat mencari sekelompok konsumen yang sifatnya homogen. 

Kelompok konsumen yang homogen inilah yang dapat memudahkan para pemasar untuk memahami dan memenuhi selera konsumen. Dengan demikian, pasar jadi lebih mudah dibedakan dengan kelompok pasar yang lain.

b. Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik
Segmentasi pasar juga dilakukan agar dapat memberikan pelayanan yang tepat dan sesuai dengan pasarnya. Karenanya, para pemasar ini harus dapat memahami keinginan konsumen akan harga yang terjangkau, kualitas barang yang bagus, pelayanan yang baik dan memuaskan juga ketepatan waktu. 

Hal pelayanan terhadap konsumen juga jadi sesuatu yang cukup dominan dan menentukan minat beli konsumen. Kenyataannya, tak sedikit konsumen yang berpindah ke perusahaan lain, hanya karena masalah pelayanan yang kruang memuaskan. 

Sebagai contoh bentuk pelayanan yang diberikan perusahaan adalah dengan menyediakan tempat parkir yang luas dan gratis. Dengan demikian, konsumen bisa merasa lebih nyaman dan puas terhadap perusahaan pemasar tersebut.

c. Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
Melayani konsumen yang heterogen dan luas dapat jadi hal yang cukup sulit dihadapi oleh suatu perusahaan. Karenanya, melalui segmentasi pasar, perusahaan akan dapat melayani konsumen yang sifatnya homogen. Dengan demikian, strategi pemasaran yang direncanakan dapat lebih mengarah. 

Selain itu, penyusunan marketing mix yang meliputi perencanaan produk, harga, distribusi dan promosi juga bisa menjadi lebih tepat dan terarah.

d. Mempermudah manajemen perusahaan
Melakukan segmentasi pasar, juga membantu pihak manajemen dalam hal mengarahkan dana dan usaha kearah pasar potensial yang paling menguntungkan. 

Karena sasaran pasarnya jelas, maka manajemen dapat merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar, sekaligus bagian pemasaran dapat menentukan cara-cara promosi yang paling tepat bagi perusahaan.

Secara lebih ringkas, tujuan segmentasi pasar bagi perusahaan meliputi :

  1. Laba dan keuntungan dapat meningkat sesuai dengan yang diharapkan
  2. Dapat mencapai posisi yang kuat dalam penjualan barang dan jasa
  3. Dapat membedakan pasar
  4. Memudahkan di dalam melaksanakan analisis pasar
  5. Agar tujuan pemasaran produk yang dibuat perusahaan bisa jauh lebih efisien da efektif
  6. Agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap konsumen atau pembeli.

Baca juga: Produk sebagai Komponen Utama Marketing Mix

Manfaat Segmentasi Pasar


Tentu saja segmentasi pasar ini sangat bermanfaat bagi perusahaan. Manfaat dari segmentasi pasar bagi perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Perusahaan akan berada di posisi yang lebih baik dalam persaingan.
  2. Perusahaan dapat menciptakan daya tarik tersendiri di bidang pemasaran.
  3. Perusahaan dapat menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.
  4. Perusahaan dapat menerapkan gagasan pemasaran secara lebih jelas.
  5. Perusahaan dapat mengelompokkan budget dengan tepat.
  6. Perusahaan dapat mendeteksi secara dini dan tepat tentang kecenderungan – kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah
  7. Perusahaan dapat mendesain produk yang benar – benar sesuai dengan permintaan pasar
  8. Perusahaan dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif
  9. Perusahaan dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat, bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
  10. Segmentasi pasar dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengukur usaha promosi yang sesuai dengan masa atau periode – periode, dimana krekasi pasar cukup besar.

Kelemahan Segmentasi Pasar


Tindakan segmentasi pasar memang memiliki manfaat yang besar bagi usaha perusahaan. Hanya saja, tetap tak bisa dipungkiri bahwa segmentasi pasar juga mengandung sejumlah risiko yang sekaligus adalah kelemahan – kelemahan dari tindakan segmentasi pasar itu sendiri.

  1. Kelemahan segmentasi pasar atau risiko segmentasi pasar tersebut adalah : 
  2. Biaya produksi akan lebibh tinggi dikarenakan jangka waktu proses produksi lebih pendek. 
  3. Biaya penelitian atau riset pasar akan bertambah sejalan dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang diterapkan. 
  4. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, terutama ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon. 
  5. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.


Diberdayakan oleh Blogger.