Cara Cara dalam Promosi Penjualan



Promosi merupakan salah satu kegiatan yang dapat dikatakan paling penting dalam suatu kegiatan perusahaan. Promosi berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahukan juga mengingatkan kembali akan suatu produk dan manfaatnya sehingga dapat mendorong konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut.

Untuk mengadakan promosi penjualan tersebut, maka setiap perusahaan harus dapat menentukan dengan tepat alat promosi yang digunakan sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan. 

Suatu perusahaan akan menggunakan promosi penjualan untuk menciptakan tanggapan yang lebih cepat dan lebih kuat. Promosi merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Akibat jangka pendek yang dapat diperoleh adalah seperti mendramatisir tawaran produk dan mendorong penjualan.

Cara dalam promosi penjualan ada beragam. Berikut adalah beberapa cara dalam promosi penjualan yang biasa digunakan oleh perusahaan – perusahaan.


Display
Display merupakan suatu bentuk keinginan untuk membeli seseuatu, yang tidak didorong oleh seseorang. Tetapi, lebih didorong karena daya tarik atau oleh penglihatan atau pun oleh perasaan lainnya.

Show
Show merupakan suatu bentuk dari elemen bauran promosi yang menggunakan alat show sebagai salah satu alat promosinya. Media show bisa cukup efektif untuk menarik minat konsumen karena biasanya menggunakan cara – cara yang menyenangkan dan akrab dengan target pasar.

Exposition
Exposition merupakan suatu alat promosi yang cukup ampuh untuk tingkat internasional. Biasanya exposition ini diadakan dalam jangka waktu beberapa tahun sekali oleh para perusahaan berkaliber internasional yang bertujuan untuk memajukan produk baru mereka.

Baca juga: Arti dan Jenis-Jenis Pasar

Demonstrasi
Demonstrasi merupakan bentuk kegiatan promosi dengan cara memperlihatkan produk atau jasa pada khalayak ramai yang bertujuan untuk membentuk konsumen. Biasanya, demonstrasi dilakukan dengan menunjukkan pemakaian produk tersebut.

Trading stamp
Trading stamp merupakan cap dagang yang diberikan pada bon penjualan. Cap dagang ini juga dapat menjadi cara promosi penjualan yang menarik. 

Cap dagang ini bisa disimpan oleh para pelanggan dan bila mereka sudah mengumpulkan dalam jumlah tertentu, maka mereka bisa mendapatkan premi atau hadiah dalam bentuk uang atau produk tertentu.

Packaging
Packaging bisa jadi hal menarik dalam media promosi. Biasanya, para konsumen cenderung menilai terhadap suatu barang yang lebih baik dari barang lainnya, hanya melalui kemasan luarnya saja atau melihat pembungkusnya saja. 

Kemasan atau packaging yang baik diidentikan dengan kualitas isi yang lebih baik. Walaupun mungkin isi dan kualitas ini tidak selalu berbanding lurus dengan tampilan packaging.

Labeling
Labeling merupakan suatu keterangan atau ciri dari suatu produk. Labeling ini bisa dilakukan dengan grade labeling dan descriptive labeling. Grade labeling dilakukan dengan cara mencantumkan keterangan tentang ciri barang. 

Sedangkan descriptive labeling dilakukan dengan penempatan keterangan – keterangan secara terperinci, misalnya seperti pada unsur analisis kimia, warna, ukuran, persentasi campuran, penggunaan produk dan lain sebagainya.

Special sales
Special sales adalah bentuk cara promosi penjualan dengan cara menawarkan barang – barang dengan harga yang spesial. 

Penurunan harga inilah yang biasanya akan lebih menarik minat dari para konsumen. Special sales dapat dilakukan untuk semua barang yang dijual dalam suatu toko, tetapi dapat juga hanya pada departemen tertentu pada toko itu.


Diberdayakan oleh Blogger.