Belajar Kata Keterangan dan Contoh Kata Keterangan Lengkap



Pelajaran bahasa Indonesia memang cukup menyenangkan dan mudah dipelajari ya? Apalagi, materi tentang ‘kata keterangan’ atau yang juga bisa disebut dengan adverb ini. Di dalam pelajaran bahasa Indonesia, jenis kata dapat dibagi dalam berbagai macam.

Jenis kata sendiri dapat diartikan secara substantif sebagai bentuk pengelompokkan ‘kata’ menurut sifatnya di dalam kalimat. Apabila didasarkan pada sifat katanya di dalam sebuah kalimat, maka sebuah ‘kata’ dapat dibedakan pada beberapa jenis. 

Para ahli tata bahasa Indonesia tradisional telah membagi jenis jenis kata ini ke dalam beberapa bentuk. Pembagian jenis jenis kata ini pada dasarnya tetap berpedoman pada pembagian jenis kata yang dari Aristoteles.

Pembagian kata mengalami perkembangan yang cukup baik. Dimana saat ini, dikenal ada beberapa jenis kata yakni kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata bilangan, kata seru, kata ganti, kata sandang dan kata depan.

Pada artikel ini, mari kita bahas mengenai pengertian keterangan, macam macam kata keterangan dan juga contoh kata keterangan pada masing – masing jenisnya. 


Pengertian kata keterangan
Pengertian kata keterangan adalah segala bentuk kaya yang menerangkan kata kerja, kata sifat, kata bilangan, akan tetapi tidak menerangkan kata benda dan kata ganti nama.

Kata keterangan ini dapat dibagi ke dalam 8 jenis umum. Untuk memahaminya, mari kita simak pembagian jenis jenis kata keterangan lengkap dengan contoh kata keterangan berikut ini :

Kata keterangan waktu
Penggunaan kata keterangan waktu ini adalah untuk menunjukkan berlangsungnya suatu kejadian tertentu.
Contoh keterangan waktu : kemarin, sekarang, besok, sebentar lagi, minggu depan, bulan lalu, tahun depan.

Kata keterangan tempat
Kata keterangan tempat digunakan untuk menjelaskan tentang tempat terjadinya suatu peristiwa atau perbuatan tertentu. 

Contoh kata keterangan tempat : di sini, ke sana, di situ, dari mana.

Kata keterangan modalitas
Kata keterangan modalitas adalah kata yang menerangkan sikap atau suasana pembicara. Keterangan modalitas ini dapat menyatakan suatu kepastian, kesangsian, menindakkan atau harapan.

Contoh kata keterangan modalitas :

  1. Dia pasti datang nanti malam.
  2. Aku tidak menyukai tingkah laku anak itu.
  3. Semoga ia cepat menyadari kesalahan yang telah ia perbuat.

Baca juga: Contoh Pidato Bahasa Indonesia

Kata keterangan aspek
Kata keterangan aspek adalah kata yang menerangkan suatu kegiatan mulai dari berlangsungnya, ketika sedang berlangsung, atau sudah selesai. Keterangan aspek dapat dibedakan lagi ke dalam beberapa bentuk, yakni: 

  • Aspek duratif
Aspek duratif adalah keterangan yang menyeakan tentang kegiatan yang sedang berlangsung. Contoh kata keterangan aspek duratif misalnya : Titi sedang belajar bahasa Indonesia.

  • Aspek inkoatif
Aspek inkoatif adalah keterangan yang menyatakan tentang kegiatan yang sedang mulai berlangsung. Contoh kata keterangan inkoatif misalnya : Adik mulai pandai berbicara bahasa Indonesia.

  • Aspek perfektif
Aspek perfektif adalah keterangan yang menyatakan kejadian yang sudah selesai berlangsung. Contoh kata keterangan perfektif misalnya : Ani sudah selesai mengikuti ujian susulan.

Kata keterangan kuantitas
Kata keterangan kuantitas adalah kata keterangan yang menerangkan tentang frekuensi atau seringnya suatu kegiatan berlangsung dan menerangkan jumlah suatu kegiatan yang terjadi.

Contoh kata keterangan kuantitas : Andi sering membuat kerusuhan di sekolah.

Kata keterangan kualitas
Kata keterangan kualitas adalah keterangan yang menerangkan tentang nilai atau mutu dari suatu kejadian atau kegiatan yang berlangsung.

Contoh kata keterangan kualitas :

  1. Gadis itu sangat cantik. 
  2. Adikmu paling pandai di kelas kami.

Kata keterangan sebab
Kata keterangan sebab adalah kata keterangan yang menerangkan sebab terjadinya suatu kegiatan atau peristiwa yang berlangsung.

Contoh kata keterangan sebab yakni :

  1. Karena malas, Nia tidak naik kelas.
  2. Ia selalu mengganggu adiknya, sebab itu ia dimarahi ayahnya.

Kata keterangan akibat
Kata keterangan akibat adalah kata keterangan yang menerangkan akibat terjadinya suatu kegiatan atau suatu peristiwa tertentu.

Contoh kata keterangan akibat : Mereka memukuli pencuri hingga babak belur.


Diberdayakan oleh Blogger.