Mengenal Noun dan Pronoun




Salah satu materi penting dalam grammar bahasa Inggris adalah terkait ‘noun’ dan ‘pronoun’. Kedua kata ini, terkadang sulit untuk dibedakan. Padahal, jika kamu tahu inti dari perbedaannya, maka kamu pasti dapat dengan mudah membedakannya.

Noun pada intinya adalah ‘kata benda’. Sedangkan pronoun adalah ‘kata ganti benda’. Ya, keduanya menunjukkan ‘benda’, namun perbedaannya, jika noun langsung menunjuk pada bendanya, maka pronoun menunjukkan kata benda yang berfungsi sebagai kata gantinya.
Lebih jelasnya, berikut penjelasan dari masing-masing noun dan pronoun:

1. Noun
Noun adalah kata benda. Noun terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu countable noun dan uncountable noun, yang penjelasannya sebagai berikut:

  • Countable Noun
Countable noun adalah kata benda yang bisa dihitung (mudahnya, hafalkan saja artinya count = hitung; able = dapat; jadi countable = dapat dihitung). Berarti ini meliputi semua benda yang jumlahnya memungkinkan untuk dihitung dengan angka pasti. Contohnya plate (piring), table (meja), book (buku), eraser (penghapus) dan benda lain yang bisa dihitung dengan nilai pasti (satu, dua, lima, sepuluh, seratus). 

Jika kamu menemukan Countable Noun, maka kamu dapat menulisnya sebagai singular sentence (kalimat tunggal) maupun plural sentence (kalimat jamak). Contohnya:
The box is contain an excellence treasure.
The boxes are contain an excellence treasure.

  • Uncountable Noun
Uncountable Noun adalah kata benda yang tidak bisa dihitung (mudahnya, ini adalah kebalikan dari countable atau un = tidak bisa dihitung dengan angka atau nilai). Contohnya adalah love (cinta), art (seni), knowledge (ilmu pengetahuan), water (air) dan sejenisnya. Karena tidak dapat dihitung, maka kalimat dengan uncountable noun tidak bisa memiliki bentuk jamak. Artinya, kalimatnya akan selalu berbentuk sama dan diasumsikan sebagai tunggal atau singular sentence.
Contohnya:
My love is wonderful.
Your knowledge is very useful.

2. Pronoun
Pronoun adalah kata ganti yang berfungsi sebagai pengganti kata benda. Jadi, kalimat pronoun muncul ketika kamu tidak langsung menunjuk bendanya, melainkan menggunakan kata ganti. Pronoun atau kata ganti benda memiliki banyak macam, meliputi:

  • Personal pronoun
Personal pronoun adalah kata ganti personal untuk menyebut orang sebagai subjek atau objek. Personal pronoun yang digunakan untuk menyebut orang sebagai subjek berbeda dengan untuk menyebut orang sebagai objek. Karenanya, kamu harus menghafalkannya.
  • Possesive Pronoun
Possessive pronoun adalah kata ganti yang menunjukan konsep kepemilikan. Seperti misalnya, my book (bukuku), mine (milikku), your finger (jarimu).

Berikut adalah personal pronoun dan possessive pronoun:
Subject
Object
Possessive
Arti
Singular
I
Me
My / Mine
Aku
You
You
Your/ Yours
Kamu
He
Him
His/ His
Dia (laki-laki)
She
Her
Her/ Hers
Dia (perempuan)
It
It
It’s/ Its
Itu/ ini (khusus benda)
Plural
We
Us
Our/ ours
Kita
You
You
Your/ yours
Kamu
They
Them
Their/ theirs
Mereka

  • Demonstrative Pronoun
Demonstrative pronoun adalah kata ganti untuk menunjuk suatu benda berdasarkan letak atau jaraknya. Seperti: untuk tunggal = that (itu), this (ini), dan untuk jamak = those (itu), these (ini).

This is his bag with green color, and that one with blue color.
These are his band group and those are their music equipment.

  • Reflexive Pronoun
Reflexive pronoun adalah kata ganti yang berdasarkan pada posisi subjek atau objek yang terfokus pada aktivitas subjek itu sendiri. Contohnya: herself, yourself, myself, themselves

She was doing all of this work by herself

I try to talk to myself to find the answer of this problem


  • Indefinite Pronoun
Indefinite pronoun adalah kata ganti orang atau benda yang tidak menunjuk pada benda atau orang khusus, atau bersifat umum atau bersifat random. Contoh : somebody (seseorang), anybody (seseorang), someone (seseorang) , none (tak seorang pun), each (masing-masing), All (semuanya).


  • Interrogative Pronoun
Interrogative pronoun adalah kata ganti yang berfungsi sebagai bentuk kata tanya yang sifatnya menggantikan kata benda orang. Contohynya : Whom (siapa (sebagai objek)), Who (siapa (sebagai subjek)), Whose (milik siapa), Which (yang mana(benda)), What (apa)


  • Relative Pronoun
Relative pronoun adalah kata ganti yang sifatnya sebagai kata sambung yang maknanya adalah “sesuatu yang…”. Contohnya:

Can you tell me what can I do for you. (dapatkah kamu mengatakan apa yang dapat kulakukan untukmu?
I will be your friend who ever you are.(aku akan menjadi temanmu siapapun dirimu.)


Diberdayakan oleh Blogger.