Arti dan Jenis-Jenis Pasar



Pengertian Pasar

Pasar adalah keseluruhan permintaan dan penawaran dari suatu barang dan jasa. Pengertian pasar dapat diperluas menjadi pasar konkrit dan pasar abstrak.

Pasar konkrit adalah suatu tempat tertentu atau khusus dimana penjual dan pambeli bertemu untuk saling melakukan menawar.  Artinya, pasar konkrit merujuk pada pasar yang secara nyata dapat terlihat karena berada pada lokasi khusus.

Sedangkan Pasar abstrak adalah setiap kegiatan pertemuan yang dapat berlokasi dimanapun, baik secara langsung maupun tidak langsung yang turut menentukan terjadinya harga.

Konsep pasar dipandang dalam aliran ilmu ekonomi secara umum adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar setiap jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang ini disebut sebagai transaksi.

Pasar terdiri dari semua penjual dan pembeli yang dapat mempengaruhi harga. Pasar juga dapat diartikan secara lebih luas lagi, seperti dalam ilmu pemasaran yang menggunakan istilah pasar untuk menunjuk pasar (sasaran) konsumen.


Jenis-jenis Pasar

Ruang lingkup pasar yang sangat luas turut mempengaruhi pembagian jenis-jenis pasar yang didasarkan pada masing-masing ruang lingkupnya. Berikut adalah jenis-jenis pasar yang ada berdasarkan ruang lingkupnya tertentu:

Berdasarkan ukuran luas geografis, pasar dibedakan menjadi :
1.    Pasar lokal adalah pertemuan penawaran dan permintaan barang dan jasa yang terbatas pada suatu daerah setempat. Produk yang ada di pasar lokal umumnya sangat terbatas dan untuk memenuhi kebutuhan lokal.

2.    Pasar regional adalah penawaran dan permintaan terhadap barang dan jasa dimana produk yang ada di pasar tersebut untuk memenuhi kebutuhan daerah/ wilayah regional tersebut. Contohnya adalah permintaan dan penawaran tepung sagu sebagai makan pokok, yang sebagian besar terdapat di daerah Maluku. Karenanya, pasar regional sagu terdapat di wilayah Maluku dan sekitarnya.

3.    Pasar internasional adalah permintaan dan penawaran berbagai produk dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara untuk dipasarkan ke negara lain. Contohnya adalah Indonesia menghasilkan kopi, minyak, ukir-ukiran yang kemudian banyak ditawarkan ke Negara lain. Sebaliknya, Indonesia banyak membeli barang elektronik, kendaraan dan mesin-mesin untuk  kebutuhan dalam negeri.

Pelajari juga: Bentuk Bentuk Jual Beli yang Sering Dilakukan

Berdasarkan ukuran waktu, pasar dibedakan menjadi :
1.    Pasar harian adalah pasar yang keseimbangan antara permintaan dan penawarannya hanya bersifat sementara dan jangka pendek, sehingga jumlah barang yang tersedia sedikit dan terbatas pada hari itu saja.

2.    Pasar jangka pendek adalah pasar yang di dalamnya terdapat kesempatan untuk memperbesar jumlah barang yang diperdagangkan, akan tetapi hanya sebatas faktor produksi yang tersedia. Pasar ini bersifat sementara seperti pasar harian tetapi memiliki jangka waktu yang lebih panjang, misalnya pasar buah musiman.

3.    Pasar jangka panjang adalah pasar yang dapat menghadapi penambahan permintaan karena dapat mengubah produksinya dengan jumlah alat produksi untuk memenuhi permintaan pasar seperti yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan modern.

Berdasarkan kegiatannya, pasar dibagi menjadi :
1.    Pasar tenaga kerja adalah permintaan dan penawaran terhadap tenaga kerja. Permintaan terhadap tenaga kerja di dunia jumlahnya sangat besar, termasuk misalnya pada tenaga kerja Indonesia ke Timur Tengah yang sangat tinggi, sehingga banyak perusahaan yang bergerak dalam penyaluran tenaga kerja luar negeri. Kegiatan transaksi antara penyalur tenaga kerja di Indonesia dengan perusahaan penyalur tenaga kerja di Timur Tengah adalah pasar tenaga kerja.

2.    Pasar barang adalah tempat pertemuan permintaan dan penawaran terhadap produk barang. Pasar barang mencakup hal yang sangat beragam, seperti pasar buah, pasar sayuran, pasar buku, pasar barang elektronik dan sebagainya.

Berdasakan motif beli dari para konsumen untuk membeli suatu produk, pasar dibedakan menjadi:
1.    Pasar produsen adalah pasar yang terdiri dari individu atau organisasi yang memerlukan barang dan jasa untuk diproses kembali atau diproduksi lebih lanjut dan kemudian dijual atau disewakan. Jadi, pasar produsen dapat disebut sebagai pasar yang isinya adalah para produsen yang tujuan membelinya agar nantinya dapat dijual lagi setelah melalui proses produksi tertentu.

2.    Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli barang dan jasa yang tujuan pembeliannya adalah untuk dikonsumsi dan tidak dijual maupun diproses lebih lanjut.

3.    Pasar pedagang adalah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang tujuan pembeliannya karena memerlukan barang-barang untuk dijual lagi dengan memperoleh laba. Pasar pedagang berbeda dengan pasar produsen karena pada pasar produsen, barang yang dibeli diproses terlebih dahulu sebelum dijual lagi, sementara pada pasar pedagang, tidak terjadi proses apapun melainkan langsung dijual kembali.

4.    Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga pemerintah seperti departemen, derektorat, kantor, dan instasi pemerintahan lainnya.

5.    Pasar internasional adalah pasar yang meliputi beberapa atau semua Negara di dunia. Tujuan pembelian di pasar ini dapat beragam seperti memenuhi kebutuhan hidup pribadi atau rumah tangga, mendapatkan laba ketika barang kembali dijual, menyewakan atau memproses lebih lanjut barang tersebut, dan melayani kepentingan umum, selama transaksinya terjadi secara lintas negara.


Diberdayakan oleh Blogger.